Kompas TV nasional politik

Ahmad Muzani Jelaskan Pidato Mengajak Hidup Sederhana di Sidang Paripurna Tidak untuk Sosok Tertentu

Kompas.tv - 3 Oktober 2024, 18:30 WIB
ahmad-muzani-jelaskan-pidato-mengajak-hidup-sederhana-di-sidang-paripurna-tidak-untuk-sosok-tertentu
Ahmad Muzani dan 8 wakil saat diambil sumpah menjadi pimpinan MPR RI periode 2024-2029 di Komplek Parlemen, Kamis (3/10/2024). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Majelis Permusyawaratan (MPR) RI Ahmad Muzani menyebut ajakan hidup sederhana dalam pidatonya pada Sidang Paripurna Ke-3 MPR RI tidak ditujukan untuk sosok tertentu.

Muzani menyampaikan hal itu usai pelantikan dirinya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2024), merespons pertanyaan wartawan tentang fenomena pejabat publik yang menampilkan gaya hidup mewah, termasuk penggunaan fasilitas pesawat jet pribadi.

"Saya tidak bermaksud untuk menyampaikan kepada siapa pun, tapi mengingatkan kepada seluruh kita semuanya," kata Muzani, dikutip Antara.

Ia menambahkan, ajakan hidup sederhana yang ia sampaikan dalam pidatonya sebagai cara menikmati hidup yang diwujudkan dalam bentuk perilaku keseharian.

Baca Juga: [FULL] Pidato Perdana Ketua MPR Ahmad Muzani: Bicara Pelantikan Presiden hingga Situasi Palestina

"Hidup sederhana adalah sebuah cara bagaimana kita itu bisa menikmati atas apa yang sudah diberikan oleh bangsa dan negara, oleh Tuhan Yang Maha Esa, oleh Allah kepada kita, sehingga itu bisa menjadi sebuah cara kita dalam laku dan perilaku kita sehari-hari," beber politikus Partai Gerindra itu.

Menurutnya, perihal hidup sederhana yang ia maksud dalam pidatonya sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat kehidupan.

"Hidup sederhana itu adalah sebuah cara bagaimana kita mensyukuri atas apa yang harus kita nikmati dan kita syukuri atas apa yang sudah diberikan Tuhan kepada kita," tutur dia.

"Ya, pokoknya kita menikmati, kita mensyukuri dan menikmati, tadi ada penjelasannya dan saya kira itu."

Sebelumnya, dalam rapat dengan agenda pelantikan Ketua MPR RI periode 2024-2029, Ahmad Muzani menyampaikan pidato berisi ajakan hidup sederhana.

Ia mengajak seluruh wakil rakyat di parlemen untuk senantiasa menjalani hidup sederhana dan berlebihan, serta memegang teguh konstitusi yang berlaku setelah resmi dilantik untuk periode 2024-2029.

Baca Juga: Resmi Dilantik! Ini Potret Ahmad Muzani Sekjen Gerindra yang Terpilih jadi Ketua MPR 2024-2029

"Hidup sederhana bukanlah berarti kita mengabaikan kemajuan atau menghindari pencapaian," kata Ahmad Muzani.

Menurut dia, hidup sederhana mampu memberikan pelajaran untuk menghargai apa yang telah dimiliki dan memperkuat hubungan antar-sesama dan menjaga lingkungan di sekitarnya.


 




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x