Kompas TV nasional politik

Anak Menkumham Terpilih Jadi Wakil Ketua MPR 2024-2029 dari Unsur DPD

Kompas.tv - 3 Oktober 2024, 08:42 WIB
anak-menkumham-terpilih-jadi-wakil-ketua-mpr-2024-2029-dari-unsur-dpd
Ilustrasi: Suasana gedung DPR / MPR RI, Jakarta, Jumat (22/5/2009). (Sumber: KOMPAS/PRIYOMBODO)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota DPD RI perwakilan Sulawesi Tengah Abcandra Akbar Supratman resmi ditunjuk menjadi Wakil Ketua MPR dari unsur DPD periode 2024-2029. 

Abcandra terpilih dalam pemungutan suara yang dilakukan lewat dua putaran rapat paripurna DPD, Kamis (3/10/2024) dinihari.

Dalam putaran kedua, Abcandra unggul atas Fadel Muhammad yang merupakan Wakil Ketua MPR periode 2019-2024. Abcandra Akbar meraih suara 93 dan Fadel Muhammad hanya 50 suara.

Baca Juga: Basarah: PDIP Tugasi Bambang Pacul Jadi Pimpinan MPR RI 2024-2029

Diketahui, Abcandra merupakan anak dari Menkumham RI Supratman Andi Agtas. 

"Dengan demikian, yang suara terbanyak dan dinyatakan terpilih untuk mewakili DPD di MPR sebagai Wakil Ketua MPR adalah Abchandra Akbar," kata Wakil Ketua DPD Tamsil Linrung di gedung DPD, Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Abcandra akan dilantik bersama delapan pimpinan MPR lainnya pada hari ini. Mereka adalah perwakilan dari masing-masing partai politik yang lolos ke parlemen. 

Sementara, Ketua MPR RI 5 tahun mendatang sudah disepakati oleh pimpinan fraksi dan perwakilan DPD, yakni Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani. 

Baca Juga: PDI-P Sebut Ahmad Muzani Calon Ketua MPR, Rapat Paripurna Hari Ini Tinggal Menetapkan

“Pada malam hari ini, 2 Oktober 2024 rapat gabungan pimpinan MPR dari fraksi fraksi MPR dan kelompok DPD yang dipimpin oleh pimpinan sidang sementara telah menyepakati secara musyawarah mufakat bahwa calon ketua MPR yang telah disepakati dalam rapat gabungan ini adalah calon yang diusulkan dari fraksi partai Gerindra,” kata Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) MPR RI Ahmad Basarah, Rabu (2/10/2024). 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x