Kompas TV nasional politik

PDI-P Sebut Ahmad Muzani Calon Ketua MPR, Rapat Paripurna Hari Ini Tinggal Menetapkan

Kompas.tv - 3 Oktober 2024, 06:30 WIB
pdi-p-sebut-ahmad-muzani-calon-ketua-mpr-rapat-paripurna-hari-ini-tinggal-menetapkan
Politikus Partai Gerindra Ahmad Muzani melambaikan tangan setelah mengikuti Sidang Paripurna MPR RI pertama periode 2024-2029 di Ruang Paripurna I DPR RI, Jakarta, Rabu (2/10/2024). (Sumber: KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO )
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Ahmad Basarah menyebut rapat gabungan fraksi sepakat menunjuk Ahmad Muzani sebagai calon Ketua MPR.

Ahmad Basara menyampaikan kesepakatan itu seusai pelaksanaan rapat gabungan Pimpinan MPR dan kelompok DPD, Rabu (2/10/2024) malam.

“Pada malam hari ini, 2 Oktober 2024 rapat gabungan pimpinan MPR dari fraksi fraksi MPR dan kelompok DPD yang dipimpin oleh pimpinan sidang sementara telah menyepakati secara musyawarah mufakat bahwa calon ketua MPR yang telah disepakati dalam rapat gabungan ini adalah calon yang diusulkan dari fraksi partai Gerindra,” bebernya, dikutip dari laporan tim jurnalis KompasTV.

Baca Juga: Fraksi PDI-P Sudah Tetapkan Satu Nama yang Bakal Jadi Pimpinan MPR, Besok akan Diumumkan

“Namanya adalah, sahabat saya, kolega saya di pimpinan MPR yang kemarin, namanya Bapak Haji Ahmad Muzani,” lanjutnya.

Ia menambahkan, nantinya Ahmad Muzani bakal didampingi oleh delapan Wakil Ketua MPR yang telah ditetapkan fraksi-fraksi.

“Beliau akan didampingi oleh delapan para Wakil Ketua MPR yang telah ditetapkan oleh masing-masing fraksi-fraksi partai politik di MPR,” tegas Ahmad Basarah.

Menurutnya, hingga Rabu malam, tinggal unsur kelompok DPD yang belum memutuskan calon Wakil Ketua MPR.

“Yang masih menunggu calon wakil ketua MPR adalah dari unsur kelompok DPD RI,” ucap dia.

“Mereka masih rapat pada malam ini untuk rapat.”

Basarah menegaskan, pada rapat paripurna MPR RI yang akan dilaksanakan hari ini, Kamis (3/10), tinggal menetapkan susunan MPR.

Baca Juga: PKS Akan Usulkan Hidayat Nur Wahid Kembali Jadi Pimpinan MPR RI

“Dengan demikian rapat paripurna MPR 3 Oktober 2024 pukul 10 pagi besok (hari ini-red) tinggal menetapkan susunan MPR yang baru.”

“Yang akan dipimpin oleh Haji Ahmad Muzani didampingi delapan Wakil ketua MPR RI dari fraksi masing-masing yang akan ditetapkan besok,” tutur Ahmad Basarah.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x