Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi: Nusantara Airport Selesai 100 Persen Desember Tahun Ini

Kompas.tv - 25 September 2024, 11:07 WIB
jokowi-nusantara-airport-selesai-100-persen-desember-tahun-ini
Presiden Joko Widodo bertolak menuju Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur (Sumber: istimewa)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo memastikan Nusantara Airport selesai pada akhir Desember 2024.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutannya saat melakukan groundbreaking Magnum Resort di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu (25/9/2024).

“Airport Nusantara dalam proses dibangun, kemarin sudah, saya landing di sana, saat saya (landing) sudah mulus sampai ke apron dan akan selesai 100% di bulan Desember tahun ini,” ucap Jokowi.

Jokowi lebih lanjut mengatakan, perjalanan dari Airport Nusantara ke Ibu Kota Nusantara akan menempuh waktu 15 menit.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Groundbreaking Teras Hutan Plataran di IKN: Insyaallah 1 Tahun Selesai

“Supaya investor kita yang dari Rusia itu tahu betapa sangat prospeknya berinvestasi di Ibu Kota Nusantara,” ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi menjelaskan untuk perjalanan dari Balikpapan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) akan lebih singkat jika tolnya beroperasi. Berdasarkan dari progres pengerjaan, kata Jokowi, tol Balikpapan menuju IKN akan selesai selambat-lambatnya pertengahan tahun 2025.

“Dari Balikpapan menuju ke Ibu Kota Nusantara saat ini mungkin masih memakan waktu satu setengah jam, 2 jam, atau 2 jam lebih, tetapi pada akhir tahun ini, setelah jalan tolnya jadi kira-kira akan memakan waktu hanya 40 sampai 50 menit, atau maksimal kalau masih terlambat jalan tolnya mungkin di pertengahan tahun depan,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Groundbreaking Teras Hutan Plataran di IKN: Insyaallah 1 Tahun Selesai

Sebelumnya dalam sambutannya pada groudbreaking Teras Hutan Plataran, Presiden Jokowi mengatakan Nusantara Airport di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, sudah bisa didarati dengan aman.


“Dengan telah selesainya Airport Nusantara kemarin, sudah kita melakukan pendaratan yang pertama setelah beberapa kali dicoba. Kemarin saya tanyakan ke Menteri Perhubungan, benar, aman, aman benar, betul aman, ok saya landing di Nusantara Airport,” kata Jokowi.

“Begitu turun, runwaynya mulus, semuanya lancar,” kata Jokowi.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x