Kompas TV nasional peristiwa

Prabowo Subianto Umumkan dan Lantik Menteri di Hari Pertama Dirinya Jabat Presiden

Kompas.tv - 19 September 2024, 10:45 WIB
prabowo-subianto-umumkan-dan-lantik-menteri-di-hari-pertama-dirinya-jabat-presiden
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Prabowo disebut-sebut akan umumkan sekaligus langsung melantik jajaran menteri usai dirinya dilantik sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2024. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Andi Firdaus)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto akan umumkan menteri-menteri di kabinetnya pada hari dirinya dilantik, 20 Oktober 2024.

Hal tersebut diungkapkan oleh Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Guspardi Gaus dalam dialog Sapa Indonesia Pagi KompasTV, Kamis (19/9/2024).

“Beliau, betul-betul beliau mengoptimalisasikan untuk mengabdikan dirinya pada bangsa dan negara. Selama ini biasanya setelah pelantikan pada 20 Oktober itu ada masa jeda bagi Bapak Presiden dalam menyusun dan menetapkan kabinet yang akan ditetapkan dan dilantik,” kata Guspardi.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Pastikan Tindaklanjuti Laporan Dugaan Kekerasan yang Dialami Pihak Arsjad Rasyid

“Pada masa sekarang, ketika Bapak Prabowo diberikan amanah, sebagaimana diungkapkan tadi, betul dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2024 dan beliau melakukan gas full bahwa pada tanggal yang sama akan melakukan pelantikan kabinet,” tambah Guspardi.

Menurut Guspardi, hal tersebut dilakukan Prabowo karena ingin menteri-menterinya langsung bekerja mengabdikan diri untuk bangsa dan negara.

“Agar bisa langsung melaksanakan tugas, fungsi, dan wewenang dari masing-masing Kementerian yang diamanahkan oleh Bapak Prabowo,” ujarnya.

Baca Juga: Anies Baswedan Tunggu Gagasan Ketiga Paslon Pilkada Jakarta untuk Tentukan Dukungan

“Ini adalah sesuatu yang berbeda dibandingkan dengan presiden-presiden sebelumnya dan tidak pernah kita catat dalam sejarah, ketika ada pelantikan presiden, pada hari itu juga dilakukan pelantikan kabinet yang membantu beliau,” tambah Guspardi.

Sebagai informasi, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan dilantik pada 20 Oktober 2024 di Kompleks Istana Kepresidenan. Pelantikan tersebut dilakukan setelah Prabowo-Gibran menjadi pemenang dalam pemilu presiden dengan perolehan dukungan 58 persen suara.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x