Kompas TV nasional hukum

Kaesang Terbang ke AS Nebeng Jet Pribadi Teman, Jubir: Pulang Pakai Pesawat Komersial

Kompas.tv - 18 September 2024, 07:05 WIB
kaesang-terbang-ke-as-nebeng-jet-pribadi-teman-jubir-pulang-pakai-pesawat-komersial
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menyambangi KPK, Selasa (17/9/2024). Kaesang Pangarep disebut pulang dari Amerika Serikat menggunakan pesawat komersil. (Sumber: ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Juru bicara Kaesang Pangarep, Francine Widjojo, menyebut putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menumpang jet pribadi atau private jet temannya hanya saat berangkat ke Amerika Serikat (AS).

Sementara saat pulang ke Indonesia, ia menyebut Ketua Umum PSI itu tak lagi menggunakan jet pribadi, melainkan naik pesawat komersial.

"Kalau untuk kepulangannya sendiri, mas Kaesang itu pulang dengan pesawat komersil," kata Francine dalam Kompas Petang Kompas TV, Selasa (17/9/2024).

Baca Juga: KPK Ungkap Teman Kaesang yang Beri Tumpangan Jet Pribadi: Inisial Y

Ia menyebut alasannya karena ada perbedaan jadwal kepulangan Kaesang dengan temannya tersebut.

"Karena beda jadwal, temannya masih lanjut beberapa hari di Amerika Serikat jadi tidak pulang bersama-sama," jelasnya.

Francine menjelaskan, Kaesang mulanya hendak menggunakan pesawat komersial untuk perjalanan ke Amerika Serikat bersama sang istri, Erina Gudono, pada 20 Agustus 2024.

Namun, ada teman Kaesang yang juga akan melakukan perjalanan yang searah dengan menggunakan jet pribadi pada 18 Agustus 2024.

Sehingga Kaesang dan Erina pun memutuskan untuk menebeng jet pribadi temannya tersebut.

Baca Juga: Kuasa Hukum soal Kaesang Sambangi KPK Hari Ini, Tegaskan Tak Ada Upaya Ulur-ulur Waktu

"Mas Kaesang menjelaskan bahwa keberangkatannya ke Amerika itu awalnya rencana berangkat dengan pesawat komersil pada 20 Agustus," jelasnya.

"Kemudian ada temannya kebetulan perjalanannya searah dan kapasitas pesawatnya masih muat. Sehingga Mas Kaesang numpang atau nebeng dengan pesawat temannya ini," imbuhnya.

Namun saat disinggung soal identitas teman Kaesang, Francine enggan membeberkannya. Ia menyebut hal tersebut dapat ditanyakan langsung kepada pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sementara sebelumnya Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan menyebut teman Kaesang yang memberikan tumpangan jet pribadi tersebut berinisial Y.

"Enggak disebut detail siapa, cuma nama gitu, inisial Y, kalau enggak salah depannya," kata Pahala, Selasa.

Meski demikian, ia belum dapat menjelaskan lebih lanjut terkait sosok Y, mengingat hal itu masih akan didalami lebih lanjut oleh KPK.

"Tapi kita enggak tahu nih ini benar enggak nama lengkapnya, siapa ini orang, WNI, WNA  atau apa gitu, dibilang pesawat punya siapa juga nanti kita konfirmasi lagi," jelasnya.

Baca Juga: KPK Sebut Hasil Analisis Klarifikasi Kaesang soal Jet Pribadi Diketahui dalam 30 Hari


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x