Kompas TV nasional peristiwa

Prabowo-Gibran Siap Umumkan Kabinet di Hari Pelantikan 20 Oktober, Profesional Diperkirakan Dominan

Kompas.tv - 16 September 2024, 09:00 WIB
prabowo-gibran-siap-umumkan-kabinet-di-hari-pelantikan-20-oktober-profesional-diperkirakan-dominan
Foto arsip. Bakal capres cawapres KIM, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tiba di KPU untuk daftar sebagai peserta Pilpres 2024, Rabu (25/10/2023). Presiden terpilih Prabowo Subianto akan mengumumkan susunan kabinet pada hari pelantikan 20 Oktober 2024, dengan fokus pada profesional dalam zaken kabinet. (Sumber: Tribunnews/Mario Sumampow)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari pelantikan presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober 2024 mendatang dikabarkan juga akan sekaligus digunakan untuk mengumumkan susunan kabinet Prabowo-Gibran.

"Rencananya begitu," jelas Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dikutip dari Kompas.com, Senin (16/9/2024).

Kabinet yang akan dibentuk Prabowo disebut-sebut akan mengadopsi konsep zaken kabinet. Konsep ini menekankan pada pengisian pos menteri oleh figur-figur profesional, baik yang berasal dari kalangan partai politik maupun non-partai.

"Keberadaan orang-orang profesional itu juga lebih banyak kelihatannya, daripada yang kemudian dari partai politik," tambah Dasco.

Adapun Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno menilai langkah tersebut sebagai hal yang positif dan menunjukkan keseriusan Prabowo dalam menggerakkan pemerintahan.

Baca Juga: Demokrat Sebut Pembentukan Zaken Kabinet Tak Boleh Eliminir Peran Parpol

"Saya kira sangat bagus jika pengumuman kabinet Prabowo itu diumumkan tanggal 20 Oktober sesaat setelah Prabowo dilantik jadi Presiden, Gibran jadi Wapres. Saya kira memang seharusnya kabinet segera diumumkan," ungkap Adi.

Lebih lanjut, ia menekankan bahwa pengumuman kabinet yang cepat mencerminkan keinginan Prabowo untuk segera mewujudkan visi, misi, dan janji politiknya, terutama program-program prioritas.

"Jadi tidak harus nunggu sehari, dua hari setelah pelantikan seperti sebelumnya. Itu bagus saya kira untuk menunjukkan betapa Prabowo ingin gerak cepat membangun Indonesia, mewujudkan semua visi, misi, dan janji politiknya," tambahnya.

Baca Juga: Prabowo Subianto Akan Bentuk Zaken Kabinet, Ini Penjelasan Jubir

Mengenai konsep zaken kabinet yang diusung Prabowo, Adi Prayitno menilai hal tersebut sebagai langkah positif karena mengakomodasi profesional dari berbagai latar belakang.

Ia menjelaskan bahwa persepsi publik tentang zaken kabinet umumnya terkait dengan proses rekrutmen terbuka atau 'beauty contest' untuk posisi menteri.


 




Sumber : Kompas.com, Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x