Kompas TV nasional politik

Berkunjung ke Rusia, Megawati Lakukan Sejumlah Kegiatan, Termasuk Ziarah ke Makam Imam Bukhari

Kompas.tv - 15 September 2024, 06:45 WIB
berkunjung-ke-rusia-megawati-lakukan-sejumlah-kegiatan-termasuk-ziarah-ke-makam-imam-bukhari
Ketua Umum PDI Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (14/7/2024). (Sumber: Dokumen Humas DPP PDIP. )
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri terjadwal melaksanakan sejumlah kegiatan di Rusia mulai Sabtu (14/9/2024).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto menjelaskan, Presiden kelima RI tersebut dijadwalkan tiba di St Petersburg, Rusia, pada Sabtu (14/9/2024) malam waktu setempat.

Hasto menyebutkan Megawati akan mengikuti sejumlah pertemuan dan menyampaikan kuliah umum. Sehari setelah tiba, Megawati dijadwal akan melakukan agenda di kampus St. Petersburg State University.

"Ibu Megawati akan menggelar pertemuan dan ramah tamah dengan Rektor Universitas St. Petersburg Prof. Nikolay Kropachev, lalu menyampaikan kuliah umum di kampus tersebut," kata Hasto melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Kompas.TV.

Baca Juga: Puan Maharani Ungkap Rencana Pertemuan Megawati dan Prabowo, PDI-P Dijadikan Penyeimbang?

Berselang sehari kemudian, Megawati akan menghadiri jamuan makan siang oleh Gubernur St. Petersburg di Balai Kota.

Selanjutnya, kata Hasto, Megawati akan menjadi Keynote Speech di Forum Rektor Universitas se-Rusia.

Megawati juga akan menghadiri peletakan bunga di Piskarevsky Memorial Cemetery, yang merupakan kenangan atas peristiwa Pengepungan Leningrad.

"Seperti pemulihan Masjid Biru di St.Petersburg dan penemuan makam Imam Besar Al Bukhari, di Samarkand, Uzbeskistan, yang saat itu masih menjadi bagian dari Uni Soviet," jelas Hasto.

"Presiden Putin juga memiliki kedekatan dengan Ibu Megawati saat menjabat sebagai Presiden RI," tambah Hasto.

Ia juga mengingatkan saat Megawati menjabat Presiden RI dan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, pada 21 April 2003.

Ini merupakan pertemuan kedua mereka. Sebelumnya, Putin bertemu Megawati di Shanghai, China, dalam agenda KTT APEC pada 19 Oktober 2001.

Baca Juga: Sinyal Kuat, Puan Maharani Akui Prabowo dan Megawati akan Segera Bertemu

Hasto melanjutkan usai dari Rusia, Megawati akan melanjutkan perjalanan ke Uzbekistan untuk ziarah ke makam Imam  Al Bukhori di Samarkand, dan menerima gelar doktor kehormatan.

"Rencananya penganugerahan gelar doktor kehormatan (Dr.H.C.) dari Silk Road University, Samarkand, pada Sabtu, (21/9/2024)," tambah Hasto.

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x