Kompas TV nasional peristiwa

Ada Supermoon 18 September 2024, BMKG Imbau Waspadai Potensi Banjir Pesisir di Wilayah Ini

Kompas.tv - 13 September 2024, 08:30 WIB
ada-supermoon-18-september-2024-bmkg-imbau-waspadai-potensi-banjir-pesisir-di-wilayah-ini
Ilustrasi supermoon. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di wilayah pesisir untuk waspada terhadap potensi banjir pesisir (rob) yang diprediksi akan terjadi karena adanya fenomena Supermoon pada 18 September 2024.

Fenomena supermoon terjadi saat Bulan berada pada jarak terdekat dengan Bumi. Bulan purnama ini membuat cahaya bulan tampak lebih terang.

Fenomena supermoon yang bertepatan dengan fase purnama diperkirakan akan memicu peningkatan tinggi pasang maksimum air laut di sejumlah wilayah pesisir di Indonesia.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, BMKG: 12 Wilayah Ini Alami Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang 13-19 September 2024

BMKG juga menegaskan bahwa banjir pesisir ini memiliki potensi dampak berbeda di setiap wilayah, bergantung pada waktu dan lokasi terjadinya.

Beberapa aktivitas seperti bongkar muat di pelabuhan dan kegiatan pemukiman di sepanjang pantai diprediksi akan terganggu oleh kenaikan permukaan air laut.

Selain itu, tambak garam dan kegiatan perikanan darat juga harus bersiap menghadapi kemungkinan air rob yang lebih tinggi dari biasanya.

Wilayah dengan Potensi Banjir Rob

Melansir akun Instagram @infobmkg, Jumat (13/9/2024), beberapa wilayah pesisir yang diprediksi mengalami banjir rob pada periode 12 hingga 23 September 2024, antara lain:




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x