Kompas TV nasional politik

Dilantik Jadi Mensos, Saifullah Yusuf: Kasih Waktu 1-2 Hari, Saya Akan Konsolidasi

Kompas.tv - 11 September 2024, 11:35 WIB
dilantik-jadi-mensos-saifullah-yusuf-kasih-waktu-1-2-hari-saya-akan-konsolidasi
Saifullah Yusuf dilantik sebagai Menteri Sosial di Istana Negara Rabu (11/9/2024)(Sumber: Tangkapan Layar Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Sosial Saifullah Yusuf (Gus Ipul) minta waktu 1-2 hari untuk menelaah arahan Presiden Joko Widodo.

Hal tersebut disampaikan oleh Saifullah Yusuf atau Gus Ipul usai dilantik menjadi menteri sosial oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (11/9/2024).

“Kasih waktu 1-2 hari inilah, saya coba akan konsolidasi, pasti kami akan melakukan arahan dari Presiden itu yang paling utama. Apa saja kami memerlukan waktu 1-2 hari,” ucap Gus Ipul.

“Saya akan koordinasi dengan Pak Muhadjir (Menko PMK Mihadjir Effendy) setelah itu kita akan bikin pernyataan apa yang kira-kira akan kita lakukan ke depan dalam waktu yang tersisa ini,” ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Resmi Lantik Saifullah Yusuf Jadi Mensos dan Eddy Hartono sebagai Kepala BNPT

Gus Ipul menyampaikan, selain akan menjalankan arahan Jokowi, dia juga akan menyiapkan Kementerian Sosial siap menghadapi transisi kepemimpinan dari Presiden Jokowi ke presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto.

“Kita coba membantu ya, dari waktu yang tersisa apa yang ada sesuai arahan presiden tentu kita bicara juga masa transisi khususnya untuk Kemensos apa yang akan dilakukan di tahun 2025,” ujar Gus Ipul.

Presiden Jokowi melantik Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial untuk sisa masa jabatan periode 2019-2024.

Pengangkatan Saifullah Yusuf sebagai bagian dari menteri negara Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 dilakukan sesuai Keputusan Presiden nomor 102B Tahun 2024 tentang pengangkatan Menteri Sosial.

Baca Juga: Pramono soal Rencana Pertemuan Megawati dengan Prabowo: Yang Jelas Komunikasinya Berjalan Baik

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia menimbang dan seterusnya mengingat dan seterusnya, memutuskan, menetapkan dan seterusnya, kesatu dan seterusnya, kedua mengangkat Saifullah Yusuf sebagai menteri sosial Kabinet Indonesia maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024,” ucap Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg Nanik Purwanti, Rabu (11/9/2024).

Saifullah Yusuf adalah Sekretaris Jenderal PBNU. Berdasarkan rekam jejaknya, dia juga pernah menjabat sebagai Menteri Desa Perumahan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi periode 2004-2007.

Selain itu, Saifullah Yusuf juga tercatat pernah menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2009-2019. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x