Kompas TV nasional rumah pemilu

Ahok Respons Janji RK yang Akan Beri Anggaran RW hingga Rp 200 Juta: Pramono Juga Lakukan

Kompas.tv - 9 September 2024, 16:35 WIB
ahok-respons-janji-rk-yang-akan-beri-anggaran-rw-hingga-rp-200-juta-pramono-juga-lakukan
Politikus PDI Perjuangan atau PDI-P Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (8/2/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PDI Perjuangan atau PDI-P Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok merespons janji bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) yang akan memberikan anggaran Rp100 juta hingga Rp200 juta untuk RW. 

Menurut dia, jagoan dari partainya, yaitu bakal calon gubernur Jakarta Pramono Anung juga akan melakukan hal tersebut. Namun, ia ta menjelaskan secara detailnya. 

"Saya kira Pak Pramono semua akan lakukan. Kita ingin RT/RW ke depan tuh seperti konsep saya dulu jadi semacam ibu bapak kos gitu loh," kata Ahok di Gedung DPR, Jakarta, Senin (9/9/2024).

Baca Juga: RK-Suswono Bakal Berikan Insentif Rp100-200 Juta untuk Setiap RW

Ahok menilai program menyejahterakan RT/RW di Jakarta memang penting. Sebab itu merupakan garda terdepan yang mengetahui permasalahan warganya. 

"Karena kan kita nggak tahu nih rumah tangga orang lagi susah seperti apa. Mungkin butuh bantuan psikolog, atau uang. Kan kita nggak tahu rumah tangga orang masing-masing ada kesulitan kan. Nah harusnya yang paling tahu kesulitan rumah tangga kan si ketua RT-nya Ketua RW-nya," ujarnya.

Ahok mengingatkan agar para RT dan RW nantinya bisa mempertanggungjawabkan uang yang berasal dari APBD tersebut. 

"Maka di situ kita selalu berpikir kasih tanggung jawab besar. Jangan cuma minta honor yang besar, tapi tanggung jawabnya juga besar. Itu tujuannya jadi pemerhati nanti, itu Pak Pram udah lakukan," ungkap dia.

Sebelumnya diberitakan Kompas.tv, RK berjanji akan memberikan tambahan kepada RW-RW di Jakarta hingga Rp200 juta. Hal tersebut disampaikan Ridwan Kamil dalam acara 'Selayang Pandang' di Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (6/9) pekan lalu.

"Jakarta itu harus berkeadilan. Tadi Bang Eki (Ketua Dewan Adat Bamus Betawi) bilang, maka salah satu programnya nanti RW-RW akan kita kasih anggaran minimal Rp 100 juta sampai Rp 200 juta," kata Ridwan Kamil.

Baca Juga: Ini Respons Pramono Anung-Rano Karno soal Isu Gerakan Anak Abah Coblos 3 Paslon

Politikus Partai Golkar itu menyebut janji Rp100-200 juta per RW dapat dilaksanakan berkaca dari pengalamannya sebagai gubernur Jawa Barat. Ridwan Kamil menyebut banyak permasalahan yang cepat diselesaikan jika per RW memiliki anggaran yang besar.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x