Kompas TV nasional peristiwa

Pengamat Sebut Pramono-Rano Bisa Menang Pilgub Jakarta kalau Ridwan Kamil Tidak Berinovasi

Kompas.tv - 9 September 2024, 10:18 WIB
pengamat-sebut-pramono-rano-bisa-menang-pilgub-jakarta-kalau-ridwan-kamil-tidak-berinovasi
Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil meninggalkan ruangan usai berkunjung ke Gedung Fanta Headquarters Prabowo-Gibran, Menteng, Jakarta, Senin (2/9/2024). (Sumber: Rivan Awal Lingga/Antara)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Trias Politika Agung Baskoro menyebut bakal calon gubernur dan wakil gubernur Pramono Anung-Rano Karno berpotensi mengalahkan Ridwan Kamil-Suswono pada Pilkada Jakarta.

Apabila, kata dia, Ridwan Kamil-Suswono tidak banyak inovasi dan bermanuver tajam membalikan persepsi dan opini publik.

Hal tersebut disampaikan oleh Agung Baskoro dalam dialog Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Senin (9/9/2024). Dialog terbut juga menghadirkan Juru Bicara PDI Perjuangan Chico Hakim, partai pengusung Pramono-Rano.

“Jadi kalau misalkan di survey hari ini RK (Ridwan Kamil) misalkan unggul, bisa-bisa disalip sama jagoan Bang Chico (Pramono Anung – Rano Karno),” ujar Agung.

Baca Juga: Soal Gerakan Anak Abah, PDIP: Saya Yakin Warga Jakarta Kritis, Tidak Senang Mengkultuskan Individu

“Ini bisa rebound ini, Pramono-Ranonya (menang), kalau RKnya tidak banyak berinovasi, bermanuver-manuver tajam yang bisa membalik persepsi dan opini publik, ya sehingga kalau kemarin RKnya leading, ini bisa-bisa trendnya turun,” kata Agung.

Oleh karena itu, Agung menilai, penting bagi pasangan Ridwan Kamil – Suswono maupun Pramono Anung – Rano Karno juga pasangan independen untuk merasionalisasikan program-progam yang bisa diterima oleh pemilih. Salah satunya adalah program-program yang bisa diterima oleh pendukung Anies Baswedan.


“Karena approval rating Anies ini tinggi seperti itu, sehingga elektabilitasnya juga bagus, nah tiga hal ini yang menjadi pekerjaan rumah semua partai ataupun kandidat yang maju untuk memastikan endorsan Anies situ mengalir kemana pada ujungnya,” ujarnya.

Baca Juga: Jusuf Kalla Minta Ridwan Kamil Atasi Kekumuhan, selain Kemacetan dan Banjir Jakarta

Sebagai informasi, pada Pilgub Jakarta terdapat 3 bakal calon gubernur dan wakil gubernur. Pertama adalah Pramono Anung-Rano Karno, kedua Ridwan Kamil – Suswono, dan ketiga adalah kandidat jalur independen yaitu Dharma Pongrekun – Kun Wardana.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x