Kompas TV nasional peristiwa

Pengamat: Narasi Anak Abah Muncul untuk Bangun Posisi Tawar Anies, Supaya Tetap di Orbit Kekuasaan

Kompas.tv - 9 September 2024, 09:57 WIB
pengamat-narasi-anak-abah-muncul-untuk-bangun-posisi-tawar-anies-supaya-tetap-di-orbit-kekuasaan
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Direktur Eksekutif Trais Politika Agung Baskoro menilai munculnya narasi ‘Anah Abah’ dilakukan pendukung Anies Baswedan untuk membangun posisi tawar.

Hal tersebut disampaikan oleh Agung Baskoro dalam dialog Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Senin (9/9/2024).

“Anak Abah ini pengen membangun posisi tawar Abahnya, supaya tetap berada di orbit strategis kekuasaan dan ujungnya, nanti ya Abah ini menentukan siapa yang menang, siapa yang kalah, dan seterusnya,” ujar Agung.

Agung mengacu pada tabulasi data survey menuturkan, memang ada temuan menarik dari basis pendukung Anies Baswedan. Selain pemilih rasional, kata Agung, pendukung Anies Baswedan juga banyak terafiliasi dengan partai-partai islam.

Baca Juga: Soal Gerakan Anak Abah, PDIP: Saya Yakin Warga Jakarta Kritis, Tidak Senang Mengkultuskan Individu

“Kedua adalah pemilih-pemilih kritis terhadap pemerintahan presiden Jokowi, ini asal muasal pendukung Anies dan di banyak partai itu tersebar, di NasDem, PKB, PAN,” ucap Agung.

Oleh karena itu penting bagi ketiga pasangan calon pada Pilkada Jakarta untuk merasionalisasi program-programnya sehingga bisa diterima oleh pendukung Anies.

“Jadi kalau ditanya temporary atau tidak, tergantung bagaimana tiga kandidat ini mampu merasionalisasi program-program mereka sehingga bisa diterima oleh kalangan pemilih islam perkotaan yang kritis tadi,” ujar Agung.

Baca Juga: Hari Ini, Paus Fransiskus Gelar Upacara Perpisahan di Bandara Soetta sebelum Tinggalkan Indonesia

“Yang ketiga yang memang merasa puas dengan program-program Anies, karena approval rating Anies ini tinggi seperti itu, sehingga elektabilitasnya juga bagus. Nah tiga hal ini yang menjadi pekerjaan rumah semua partai ataupun kandidat yang maju untuk memastikan endorsan Anies situ mengalir kemana pada ujungnya,” tambahnya.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x