Kompas TV nasional rumah pemilu

Khofifah Tekankan Pentingnya Minat Baca dari Sumber Akurat: Agar Kita Mampu Kritis dan Rasional

Kompas.tv - 8 September 2024, 16:00 WIB
khofifah-tekankan-pentingnya-minat-baca-dari-sumber-akurat-agar-kita-mampu-kritis-dan-rasional
Bakal calon gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat untuk rajin membaca dari sumber akurat. Perempuan yang menjabat sebagai gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 itu menyebut orang yang rajin membaca dari sumber akurat tidak mudah terprovokasi. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Tim KIP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

SURABAYA, KOMPAS.TV - Bakal calon gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat untuk rajin membaca dari sumber akurat.

Perempuan yang menjabat sebagai gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 itu menyebut orang yang rajin membaca dari sumber akurat tidak mudah terprovokasi.

"Dengan membaca semakin banyak ilmu dan pengetahuan yang kita dapat. Orang yang rajin membaca dari sumber akurat akan membuatnya tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang belum tentu kebenarannya," kata Khofifah dalam peringatan Hari Literasi Internasional di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (8/9/2024).

Baca Juga: Update Pilkada Jakarta: Sahroni Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemenangan Ridwan Kamil-Suswono

Khofifah menilai bahwa kemampuan literasi adalah dasar dalam berbagai aspek kehidupan. Kata Khofifah, dengan kemampuan literasi yang baik, seseorang akan mampu mengidentifikasi, memahami, menginterpretasikan, dan mengkomunikasikan sesuatu.

Politikus PKB itu menekankan, kemampuan literasi penting pada era digital yang diwarnai cepatnya arus informasi. Khofifah mengatakan, tanpa kemampuan literasi yang baik, seseorang dapat dengan mudah terprovokasi isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Untuk itu, pentingnya untuk kita meningkatkan minat baca dari sumber yang akurat, sehingga kita tidak akan mudah terprovokasi. Ketika membaca pun, daya imajinasi akan lebih berkembang, sehingga kita mampu berpikir kritis dan rasional," kata Khofifah dikutip Antara.

Menurut Khofifah, dengan meningkatkan minat baca, seseorang tidak hanya memperkaya pengetahun bagi diri sendiri, melainkan juga berkontribusi pada kemajuan sosial dan pendidikan di masyarakat.

"Minat baca yang tinggi memperkuat keterampilan membaca dan menulis, yang merupakan dasar untuk pendidikan dan pembelajaran. Dengan membaca, seseorang akan mendapatkan wawasan yang lebih luas tentang kehidupan," katanya.

Adapun Khofifah Indar Parawansa diketahui akan mengikuti Pilkada Jawa Timur 2024 bersama Emil Dardak. Paslon Khofifah-Emil sedianya akan bersaing dengan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta dan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim.

Baca Juga: Senam Pagi Bareng Warga, Suswono: Jakarta Banyak Polusi, Nanti Kita Hijaukan ya


 




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x