Kompas TV nasional peristiwa

Uskup Agung Jakarta Apresiasi Presiden Jokowi Sambut Paus Fransiskus di Istana Merdeka

Kompas.tv - 7 September 2024, 15:22 WIB
uskup-agung-jakarta-apresiasi-presiden-jokowi-sambut-paus-fransiskus-di-istana-merdeka
Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo mengapresiasi semua pihak yang membantu kelancaran perjalanan Paus Fransiskus di Indonesia, Sabtu (7/9/2024) (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo mewakili Keuskupan Agung Jakarta memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih untuk semua pihak yang telah mengupayakan kelancaran kunjungan Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus ke Indonesia.

Ignatius Kardinal Suharyo mengatakan, kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia bukan sekadar peristiwa datangnya seorang pemimpin negara Vatikan, namun juga peristiwa iman.

Dalam penyampaian apresiasinya, ia mengucapkan terima kasih untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena telah menyambut Paus Fransiskus di Istana Merdeka, bukan Istana Bogor.

Suharyo pun mengungkapkan alasan Presiden Jokowi meminta untuk menyambut Paus di Istana Merdeka, Jakarta.

"Kami ingin mengucapkan kepada mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden yang telah menyambut Paus dalam 2 kesempatan, kesempatan pertama di Istana Merdeka. Ini pun adalah bentuk dari keterbukaan pemerintah Indonesia terhadap keinginan Paus," ucap Ignatius Kardinal Suharyo dalam Breaking News Kompas TV, Sabtu (7/9/2024).

"Biasanya bapak presiden menerima tamu negara tidak di Istana Merdeka tetapi ke Istana Bogor tetapi karena paus usianya sudah banyak supaya tidak terlalu memakan waktu beliau mengusulkan supaya perjumpaannya di Istana Merdeka," lanjutnya.

Ignatius Kardinal Suharyo juga mengungkapkan, Paus Fransiskus sempat terharu dengan kedatangan Presiden Jokowi dan sejumlah pejabat saat acar Ekaristi di Stadion Madya Gelora Bung Karno.

"Dan yang lebih istimewa lagi yang sangat mengharukan bagi Paus adalah ketika Bapak Presiden menyapa Paus ketika beliau datang ke Stadion Madya. Tidak terpikirkan Paus akan memimpin upacara perayaan Ekaristi, di situ sudah ada Bapak Presiden serta pejabat-pejabat yang lain sekedar untuk memberikan salam, ini sungguh sungguh sangat istimewa. Terima kasih kepada bapak presiden yang setulus-tulusnya," ungkap Suharyo.

Ia kemudian juga mengucapkan terima kasih kepada tim gabungan Polri, TNI, Paspampres dan unsur-unsu pengamanan lainnya yang telah mengupayakan keamanan kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia.

Sebagai informasi, Paus Fransiskus berada di Indonesia untuk kunjungan apostoliknya pada Rabu-Jumat, 3-6 September 2024.

Selama tiga hari, Paus Fransiskus telah melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo, berkunjung ke Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, hingga melakukan Misa Akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x