Kompas TV nasional politik

Sandiaga Uno Sebut Pernah Diskusi dengan Anies soal Mendirikan Partai

Kompas.tv - 7 September 2024, 07:10 WIB
sandiaga-uno-sebut-pernah-diskusi-dengan-anies-soal-mendirikan-partai
Foto arsip. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PPP Sandiaga Uno di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menanggapi wacana eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendirikan partai politik (parpol) atau organisasi kemasyarakatan (ormas) baru.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut menyebut dirinya pernah berdiskusi dengan Anies untuk membuat partai.

Seperti diketahui, Sandiaga pernah menjadi wakil gubernur Jakarta mendampingi Anies, setelah menang dalam Pilkada Jakarta 2017. Saat itu, mereka diusung PKS dan Partai Gerindra.

Baca Juga: Jawaban Sandiaga Uno soal Jadi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran, Singgung Etika Berpolitik

"Menarik ya (rencana Anies buat partai), karena waktu kami sempat bermitra didukung partai Gerindra dan PKS saat itu kita pernah berdiskusi tentang mendirikan partai," kata Sandiaga di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (6/9/2024).

Sebab itu, ia pun menghargai jika Anies berencana mendirikan partai baru. Menurutnya, Anies hendak berkontribusi dengan menggunakan partai sebagai wadah gerakan.

"Pak Anies mau mendirikan partai, ya kita doakan sukses bisa memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara," kata Sandiaga.

Baca Juga: Respons Golkar Soal Anies Baswedan Ingin Dirikan Parpol Baru

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan dirinya memercayai bahwa berpolitik itu harus berpartai. Maka dari itu, Sandi memutuskan untuk masuk partai usai meninggalkan dunia usaha.

"Ini saya waktu meninggalkan dunia usaha, saya masuk partai dan saya bersama Gerindra, sekarang bergabung ke PPP karena saya meyakini jika kita ada di ranah perpolitikan nasional, ya kita harus berpartai," jelasnya, dikutip dari Tribunnews.com.

Sebelumnya, Anies menyebut dirinya membuka peluang untuk membentuk sebuah parpol atau ormas baru di Indonesia. 

Menurut dia, untuk mengubah semangat perubahan menjadi sebuah kekuatan, diperlukan gerakan. Salah satunya dengan cara membentuk parpol atau ormas.

"Apakah lalu akan buat partai politik baru? Gini, bila untuk mengumpulkan semua semangat perubahan yang sekarang makin hari makin terasa besar dan itu menjadi sebuah kekuatan, diperlukan menjadi gerakan, maka membangun ormas atau membangun partai baru mungkin itu jalan yang akan kami tempuh," kata Anies, Jumat (30/8). 

Baca Juga: Ono Surono Sebut Mulyono Jegal Anies di Pilgub 2024, Jokowi Bantah Tegas: Itu Urusan Partai!


 




Sumber : Kompas TV/Tribunnews.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x