Kompas TV nasional peristiwa

Hari Ini, Paus Fransiskus Gelar Upacara Perpisahan di Bandara Soetta sebelum Tinggalkan Indonesia

Kompas.tv - 6 September 2024, 07:52 WIB
hari-ini-paus-fransiskus-gelar-upacara-perpisahan-di-bandara-soetta-sebelum-tinggalkan-indonesia
Paus Fransiskus saat memberikan khotbah dalam Misa Kudus di GBK, Jakarta, Kamis (5/9/2024) petang. (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus akan mengakhiri perjalanan apostolik ke-45 di Indonesia. Selanjutnya, Paus Fransiskus akan melanjutkan perjalanan apostoliknya ke Papua Nugini.

Jadwal kepergian Paus Fransiskus hari ini membuat banyak warga menunggu di depan kantor Kedutaan Besar Takhta Suci Vatikan.

Pengamanan untuk menciptakan suasana kondusif diperkuat oleh Paspampres hingga personel TNI dan Polri yang berjaga sejak pagi hari.

Berdasarkan laporan jurnalis Kompas TV Renata Panggalo, Paus Fransiskus akan meninggalkan Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta. Namun belum diketahui pukul berapa Paus Fransiskus akan keluar atau meninggalkan kantor Kedutaan Besar Takhta Suci Vatikan.

Baca Juga: Ridwan Kamil Bantah Libatkan JK Dalam Tim Pemenangan: Beliau Level Guru Bangsa, Tempat Bertanya

Tetapi yang jelas, nantinya di Bandara Soekarno Hatta akan dilakukan upacara perpisahan dengan Paus Fransiskus setelah tiga hari berada di Indonesia. Rencananya, upacara perpisahan akan dilakukan pada pukul 09.15 WIB di Bandara Soetta.

Sementara itu, situasi lalu lintas di Jalan Merdeka Timur hingga saat ini masih ramai dengan aktivitas pengguna kendaraan. Belum ada tanda-tanda penutupan jalan akan dilakukan terkait kepulangan Paus Fransiskus.


Paus Fransiskus mengadakan perjalanan apostolik mulai 3 September-6 September 2024 di Indonesia. Dalam kunjungannya, Paus Fransiskus bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta.

Baca Juga: Hari Ini, Jokowi Resmikan RS dan Jalan Layang di Jawa Timur

Selain itu, Paus Fransiskus juga bertemu dengan para pejabat pemerintahan, korps diplomatik, tokoh-tokoh masyarakat dan masyarakat sipil di Aula Istana Negara. Lalu bertemu dengan anggota Serikat Jesuit di Apostolic Nunciantura Kantor Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

Kemudian, Paus juga bertemu para uskup, imam, diakon, biarawan-biarawati, seminaris, dan katekis di Gereja Maria Diangkat ke Surga, Gereja Katedral Jakarta.

Di hari Kamis, Paus Fransiskus mengunjungi Masjid Istiqlal untuk meninjau Terowongan Silahturahim dan bertemu tokoh lintas agama. Sore hari, Paus Fransiskus menggelar Misa di Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.

 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x