Kompas TV nasional peristiwa

BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Guyur Sejumlah Kota Besar Hari Ini

Kompas.tv - 6 September 2024, 07:47 WIB
bmkg-hujan-lebat-berpotensi-guyur-sejumlah-kota-besar-hari-ini
Ilustrasi hujan lebat. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan cuaca untuk hari ini, Jumat (6/9/2024). Menurut laporan yang disampaikan oleh Prakirawan BMKG Ida Pramuwardani dilansir dari Antara, sejumlah kota besar di Indonesia berpotensi mengalami hujan dengan intensitas bervariasi, mulai dari ringan hingga lebat.

Prakiraan cuaca menunjukkan bahwa beberapa kota akan mengalami hujan ringan dengan curah hujan kurang dari 2,5 mm per jam.

Kota-kota tersebut meliputi Pekanbaru, Tanjung Pinang, Tanjung Selor, Jayapura, Jayawijaya, dan Ambon. Suhu di wilayah-wilayah ini diperkirakan berkisar antara 24 hingga 31 derajat Celsius.

Sementara itu, hujan dengan intensitas sedang atau curah hujan lebih dari 4,0 mm per jam diprediksi akan mengguyur kota-kota seperti Jambi, Mamuju, Makassar, Kendari, Palu, Manado, dan Nabire. Suhu di wilayah-wilayah tersebut diperkirakan lebih rendah, berkisar antara 21 hingga 28 derajat Celsius.

BMKG juga memperingatkan adanya potensi hujan disertai petir di beberapa kota. Wilayah yang perlu waspada terhadap fenomena ini antara lain Sorong, Manokwari, Merauke, Banda Aceh, dan Medan. Suhu di kota-kota ini diperkirakan berkisar antara 23 hingga 29 derajat Celsius.

Perhatian khusus diberikan kepada Kota Padang, di mana BMKG memprediksikan akan terjadi hujan dengan intensitas deras. Curah hujan di wilayah ini diperkirakan dapat mencapai lebih dari 50 mm per jam, dengan suhu berkisar antara 24 hingga 28 derajat Celsius.

Baca Juga: BMKG: Jakarta Diprediksi Hujan Siang-Malam Hari Ini, Suhu Capai 32 Celcius

Berikut adalah prakiraan cuaca di sejumlah kota besar di Indonesia berdasarkan laporan BMKG:

Hujan Ringan (Curah Hujan < 2,5 mm/jam)

  • Kota: Pekanbaru, Tanjung Pinang, Tanjung Selor, Jayapura, Jayawijaya, Ambon
  • Suhu: 24–31 Celsius

Hujan Sedang (Curah Hujan > 4,0 mm/jam)

  • Kota: Jambi, Mamuju, Makassar, Kendari, Palu, Manado, Nabire
  • Suhu: 21–28 Celsius

Hujan Disertai Petir

  • Kota: Sorong, Manokwari, Merauke, Banda Aceh, Medan
  • Suhu: 23–29 Celsius

Hujan Lebat (> 50 mm/jam)

  • Kota: Padang
  • Suhu: 24–28 Celsius

Cuaca Cerah hingga Berawan

  • Kota: Jakarta, Kupang, Gorontalo, Palembang, Lampung, Bandung, Yogyakarta, Denpasar, Banjarmasin, Palangka Raya, Serang, Bengkulu, Semarang, Surabaya, Mataram, Samarinda, Pontianak, Ternate
  • Suhu: 24–31 Celsius

Peringatan Angin Kencang (> 25 knot):

  • Wilayah: Pesisir Selatan Jawa, Selatan Papua Selatan

BMKG juga melaporkan adanya Siklon Tropis Yagi yang masih terpantau di Laut Cina Selatan timur Vietnam. Fenomena ini membentuk daerah perlambatan serta pertemuan angin atau konvergensi, terutama di sekitar Laut Cina Selatan, Laut Andaman, Selat Malaka, dan sekitar Teluk Thailand.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau di pesisir barat Sumatera Barat, Sulawesi Tenggara-Tengah, Papua Barat, dan Papua Pegunungan.

Kondisi ini diperkirakan dapat meningkatkan pertumbuhan awan penghujan di wilayah-wilayah tersebut. BMKG mencatat bahwa angin permukaan di Indonesia umumnya didominasi oleh angin yang bertiup dari arah Tenggara dengan kecepatan 10-45 km per jam.

Peringatan khusus diberikan terkait potensi peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot yang diperkirakan dapat terjadi di daerah Pesisir Bagian Selatan Jawa dan Selatan Papua Selatan. Masyarakat di wilayah-wilayah tersebut diimbau untuk tetap waspada dan mengikuti perkembangan informasi cuaca terkini dari BMKG.

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x