Kompas TV nasional peristiwa

Paus Fransiskus kepada Kelompok Berkebutuhan Khusus: Kalian adalah Bintang Bersinar

Kompas.tv - 5 September 2024, 13:00 WIB
paus-fransiskus-kepada-kelompok-berkebutuhan-khusus-kalian-adalah-bintang-bersinar
Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran dalam rangkaian penyambutan dirinya di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (5/9/2024). (Sumber: Tangkapan Layar Breakingnews Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus bertemu dengan kelompok berkebutuhan khusus. Paus mengatakan, kaum kelompok berkebutuhan khusus adalah anggota paling berharga dalam gereja.

Demikian Paus Fransiskus memberikan semangat dan motivasi kepada para penyandang disabilitas yang hadir dalam kegiatan di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) di Jakarta sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (5/9/2024).

“Kalian adalah bintang bersinar di langit Nusantara, anggota yang paling berharga dalam gereja ini, kalian adalah harta karun,” kata Paus Fransiskus.

Dalam kesempatan tersebut, Paus membenarkan penyataan Mimi yang berkebutuhan khusus bahwa Allah menciptakan manusia dengan berbagai kemampuan uniknya untuk memperkaya keragaman dunia.

Baca Juga: Paus Fransiskus Ajak Berbagai Pihak Perkuat Persaudaraan Hadapi Tanda-Tanda Ancaman

Paus juga memuji pengalaman Andrew yang didiagnosis menderita autisme ringan, namun dengan upayanya yang gigih, bisa berpartisipasi dalam kompetisi paralimpiade.

“Selamat padanya yang mampu berkompetisi dalam paralimpiade, tepuk tangan. Mari kita juga bertepuk tangan untuk diri kita sendiri karena kita juga dipanggil bersama, menjadi juara dalam olimpiade akbar kehidupan kita,” ujarnya.

Lebih lanjut Paus Fransiskus menuturkan, pengalaman-pengalaman hidup dengan keterbatasan yang dialami oleh para penyandang disabilitas bukanlah suatu halangan untuk melakukan hal terbaik dalam kehidupan ini. Sebab semua umat manusia memiliki kontribusi masing-masing bagi kehidupan di dunia.


Dalam pernyataannya, Paus juga menyebutkan manusia saling membutuhkan satu sama lain, tanpa harus memandang fisik, ataupun kekurangan lain yang dimilikinya, sehingga manusia bisa mengerti arti kasih yang sesungguhnya dengan berbagai kelebihan dan kekurangan manusia.

Baca Juga: Imam Besar Masjid Istiqlal Minta Paus Fransiskus Jadi Saksi Fungsi Terowongan Silaturahim

“Tuhan tidak pernah lupa terhadap kita. Mari ingat itu untuk menjaga harapan kita agar tetap hidup dan berjuang tanpa kenal lelah, guna membuat hidup kita bisa menjadi anugerah bagi orang lain,” katanya.

Kemudian dalam kesempatan tersebut, Paus Fransiskus memberkati para hadirin dan juga mendoakan mereka.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x