Kompas TV nasional peristiwa

Seperti Paus Fransiskus, Istana Benarkan Jokowi Naik Innova Zenix: Namun Warna Hitam, Berpelat RI-1

Kompas.tv - 4 September 2024, 23:15 WIB
seperti-paus-fransiskus-istana-benarkan-jokowi-naik-innova-zenix-namun-warna-hitam-berpelat-ri-1
Momen Presiden Joko Widodo atau Jokowi naik mobil Innova Zenix dengan pelat RI-1, Rabu (4/9/2024). Mobil Innova Zenix mendadak jadi bahan pembicaraan lantaran dipakai Paus Fransiskus selama di Jakarta.  (Sumber: KOMPASTV)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Beredar gambar Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengendarai mobil Innova Zenix Hybrid, berpelat nomor RI-1. Mobil Innova Zenix mendadak viral lantaran dipakai oleh Paus Fransiskus untuk kendaraan yang digunakannya selama berada di Jakarta.

Bedanya Innova Zenix yang dipakai Presiden Jokowi berwarna hitam, sementara Innova Zenix yang dipakai Paus Fransiskus berwarna putih.

Pihak Istana, melalui Deputi Bidang Protokol dan Media Istana, Yusuf Permana membenarkan bahwa Innova Zenix merupakan kendaraan Presiden Jokowi,

"Iya betul sekali, itu kendaraan bapak, bapak Presiden juga terbiasa menggunakan kendaraan innova, utamanya pada saat kegiatan incognito. Pada kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito, sering sekali beliau menggunakan kendaraan Innova," jelas Yusuf kepada KompasTV, Rabu (4/9/2024)

Baca Juga: Iring-iringan Mobil Paus Fransiskus Disambut Warga saat Tinggalkan Gereja Katedral

"Fortuner juga sering digunakan saat kunjungan kerja ketika medannya berat. Artinya berganti kendaraan adalah hal yang biasa kami lakukan," lanjut Yusuf.

Komandan Paspampres Mayjen Achiruddin memastikan tak ada masalah dari penggunaan mobil Innova Zenix. Paspampres tetap memperketat pengamanan terhadap Presiden.

"Terkait sisi keamanan (soal Innova Zenix), tidak ada masalah bagi kami. Paspampres sudah memperketat pengamanan terhadap Presiden dengan berkoordinasi kepada pasukan pengamanan wilayah, lalu menepatkan pasukan pengamanan di sepanjang rute perjalanan Presiden,"

"Secara SOP, pengamanan terhadap Presiden tetap maksimal dan berlapis, serta dengan perhitungan yang matang. serta kami akan mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat terjadi," tegasnya.

Innova Zenix warna putih berpelat SCV 1 yang dikendarai Paus Fransiskus selama berada di Jakarta. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Hafidz Mubarak)

Seperti diberitakan sebelumnya, publik tentu bertanya-tanya mengapa Paus Fransiskus selama di Jakarta naik mobil Innova Zenix?

Ada pula yang menyoroti nomor polisi yang unik, SCV 1, apa ya artinya?

Baca Juga: Momen Paus Fransiskus Minta Petugas Berhenti saat Salaman dengan Warga di Pagar Katedral

Terkait Paus Fransiskus yang naik Innova Zenix warna putih karena pilihan untuk menggambarkan hidup sederhana.

Padahal, sebagai tamu negara, sejatinya Paus Fransiskus bisa mengendarai mobil Mercedes Benz.

Namun, Paus Fransiskus menolaknya. Di Vatikan, Sri Paus juga tak pernah naik mobil buatan Jerman itu, karena dianggap menyimbolkan kemewahan.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x