Kompas TV nasional peristiwa

Maung MV3 Pope Mobile, Kendaraan Buatan Pindad yang Dipakai Paus Fransiskus saat Misa Akbar di GBK

Kompas.tv - 5 September 2024, 06:00 WIB
maung-mv3-pope-mobile-kendaraan-buatan-pindad-yang-dipakai-paus-fransiskus-saat-misa-akbar-di-gbk
Maung MV3 Pope Mobile buatan PT Pindad mendukung perjalanan operasional Paus Fransiskus saat Misa Akbar yang akan dihadiri sekitar 90 ribu umat Katolik pada Kamis, 5 September 2024 di Gelora Bung Karno, Jakarta.  (Sumber: PT Pindad)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Maung MV3 Pope Mobile buatan PT Pindad mendukung perjalanan operasional Paus Fransiskus saat Misa Akbar yang akan dihadiri sekitar 90 ribu umat Katolik pada hari ini, Kamis, 5 September 2024 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. 

Maung merupakan kendaraan taktis yang diinisiasi oleh Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto dan telah dimodifikasi khusus untuk mengakomodir kebutuhan mobilitas Paus Fransiskus, khususnya saar acara di GBK nanti.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.tv, Rabu (4/9), kendaraan Maung MV3 Pope Mobile, yang digunakan oleh Paus Fransiskus selama Misa Akbar di Indonesia, hadir dengan warna putih yang elegan dan logo Maung Pindad yang terpasang di grill depannya.

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan bendera dan segel Vatikan serta menggunakan plat nomor "SCV1," singkatan dari “Status Civitatis Vaticanae” (Negara Kota Vatikan).

Setelah peluncuran generasi pertama Maung, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meminta inovasi tambahan untuk meningkatkan kualitas dan performa kendaraan ini.

Hal ini membawa Pindad untuk mengembangkan generasi ketiga Maung (MV3), yang dikenal memiliki bodi yang tangguh serta kemampuan bermanuver di berbagai medan sulit. Varian Tangguh dari Maung MV3 dipilih dan dimodifikasi secara khusus untuk memenuhi kebutuhan mobilisasi Paus selama kunjungannya ke Indonesia.

Modifikasi yang dilakukan pada Maung MV3 Pope Mobile mencakup sejumlah fitur tambahan, seperti:

  • Tangga lipat untuk memudahkan akses Paus ke panggung belakang.
  • Kursi utama di bagian belakang kendaraan untuk digunakan oleh Paus.
  • Sunroof pada kabin pengemudi.
  • Rear step untuk para penjaga yang mengawal Paus.
  • Roof protector sebagai pelindung dari cuaca hujan.
  • Kursi belakang yang dapat dilipat guna menyediakan ruang bagi asisten Paus.

Baca Juga: Paus Fransiskus Puji Keberagaman dan Persatuan Indonesia

Secara umum, Maung MV3 Tangguh dilengkapi dengan mesin turbo diesel berkapasitas 2.200 cc, yang mampu mencapai kecepatan aman hingga 100 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 500 km. Kendaraan ini hadir dengan atap terbuka dan mampu mengangkut empat personel.

Selain varian Tangguh, Maung MV3 juga tersedia dalam dua varian lainnya, yaitu Maung MV3 Komando dengan atap Hard Top, dan Maung MV3 Jelajah yang dilengkapi atap Soft Top.

Dengan berbagai modifikasi yang dilakukan, Maung MV3 Pope Mobile dirancang untuk memberikan kenyamanan dan keamanan maksimal bagi Paus Fransiskus selama pelaksanaan Misa Akbar di Indonesia.




Sumber : Kompas TV, PT Pindad




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x