Kompas TV nasional peristiwa

Jam Tangan Paus Fransiskus Jadi Perhatian, Ini Kisaran Model dan Harganya

Kompas.tv - 4 September 2024, 09:54 WIB
jam-tangan-paus-fransiskus-jadi-perhatian-ini-kisaran-model-dan-harganya
Momen pemimpin gereja katolik dunia, Paus Fransiskus membuka jendela mobilnya sembari tersenyum dan melambaikan tangan, Selasa (3/9/2024). Jam tangan hitam di tangan kirinya menarik perhatian. (Sumber: Tangkapan Layar Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September 2024 menarik perhatian publik, tidak hanya karena signifikansi kunjungannya, tetapi juga karena detail kecil yang mencerminkan kesederhanaan sang pemimpin Gereja Katolik dunia.

Salah satu hal yang menjadi sorotan adalah jam tangan sederhana yang dikenakan Paus saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Selasa (3/9/2024) kemarin.

Warganet di berbagai platform media sosial ramai membicarakan jam tangan analog hitam dengan bagian inti berwarna putih yang dikenakan Paus Fransiskus.

Spekulasi mengenai merek dan tipe jam tangan tersebut pun bermunculan. Dua merek yang paling banyak disebut adalah Casio dan Swatch.

Beberapa warganet menduga jam tangan tersebut adalah Casio seri MQ24-7B2, yang dikenal dengan harganya yang sangat terjangkau, sekitar 8 dolar AS atau Rp 124.000.

Baca Juga: Penting! 12 Larangan bagi Peserta Misa Agung Bersama Paus Fransiskus di GBK Esok Hari

Sebagaimana dilaporkan Kompas.com, Casio, perusahaan elektronik Jepang, juga menduga bahwa Paus Fransiskus mengenakan jam tangan model Casio MQ24-7B2.

"Sepertinya Paus Fransiskus mengenakan MQ-24 Casio," ujar perwakilan Casio. "Model tersebut adalah salah satu jajaran jam tangan dasar kami dan disukai banyak orang di seluruh dunia," ujarnya dikutip dari Religion Unplugged, 7 Desember 2020 silam.

Paus Fransiskus sering terlihat mengenakan jam tangan hitam-putih sederhana di pergelangan tangannya. Meski seringkali tersembunyi di balik lengan jubahnya, penggemar jam tangan mulai mencoba mengidentifikasi apa jamnya.

Namun, Kompas.com dalam pengamatan lewat kamera lebih lanjut mengungkapkan bahwa jam tangan Paus Fransiskus kemungkinan besar adalah Swatch seri SO29B703 Twice Again. 

Hal ini terlihat dari adanya fitur penunjuk hari dan tanggal (day date) pada jam tangan yang dikenakan Paus, yang merupakan ciri khas dari seri Swatch tersebut. Harga jam tangan ini diperkirakan sekitar 70,95 euro atau sekitar Rp 1,2 juta.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x