Kompas TV nasional humaniora

Rekayasa Lalu Lintas Saat Kunjungan Paus Fransiskus di Istana Merdeka Hari Ini

Kompas.tv - 4 September 2024, 07:48 WIB
rekayasa-lalu-lintas-saat-kunjungan-paus-fransiskus-di-istana-merdeka-hari-ini
Paus Fransiskus tiba di Indonesia pada Selasa, 3 September 2024 dalam perjalanan terpanjang kepausannya, dengan harapan dapat menyemangati komunitas Katolik dan merayakan tradisi kerukunan antarumat beragama di negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. (Sumber: AP Photo/Gregorio Borgia)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemimpin Umat Katolik Dunia Paus Fransiskus akan berkunjung di sejumlah lokasi di Jakarta pada Rabu (4/9/2024). Rencananya pada pukul 09.30 WIB Paus akan berkunjung ke Istana Merdeka, Jakarta.

Paus dijadwalkan akan berada di lokasi selama 1,5 jam yang disambut Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Seusai pertemuan dengan Jokowi, mereka akan menyampaikan pernyataan pers di Ruang Kredensial.

Selanjutnya, Paus dijadwalkan bertemu korps diplomatik yang berada di Indonesia dan beberapa tokoh sipil di ruang utama Istana Negara.

Baca Juga: Jakarta Hari Ini Cerah Berawan, Siang Suhu Capai hingga 35 Derajat Celcius

Pemimpin Negara Vatikan itu berangkat menuju Istana Negara dengan menaiki mobil golf melalui belakang Istana merdeka dan halaman rumput Istana.

Setelah itu, Paus dijadwalkan berkunjung ke kantor perwakilan Takhta Suci di Jalan Medan Merdeka Timur.

Di lokasi tersebut, Paus rencananya akan bertemu anggota Serikat Jesus Indonesia di Nunsiatur Apostolik atau Kedutaan Besar Vatikan di Indonesia.

Paus juga akan menggelar pertemuan dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, dan katekis di Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, Jakarta pukul 16.30 WIB.

Berkaitan dengan kegiatan Paus tersebut, pemerintah Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Negara, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, dan diakhiri dengan Misa Agung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di tanggal 5 September.

Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangannya belum lama ini, menyebut rekayasa lalu lintas akan dlakukan di beberapa ruas jalan.

Baca Juga: Paus Fransiskus Tiba di Indonesia, Menag Ungkap Pesan Paus Fransiskus, Jokowi Sambut Kedatangan Paus

"Mengingat acara itu akan dihadiri oleh banyak orang, maka akan ada rekayasa lalu lintas di beberapa ruas jalan Jakarta," kata dia.


Berikut rekayasa lalu lintas selama kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta hari ini, Rabu (4/9/2024), dikutip Kompas.com;

a. Lalu lintas dari Selatan (Bundaran HI- Tanah Abang, Kebon Sirih, Budi Kemuliaan) menuju Timur (Stasiun Senen) dapat melalui Jalan Thamrin sisi Barat - Jalan Medan Merdeka Barat sisi Barat - Jalan Majapahit - Jalan Juanda - Jalan Pos - Jalan Gunung Sahari- dst. Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas Saat Kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta

b. Lalu lintas dari Timur (Menteng) menuju ke Barat (Tanah Abang) dapat menggunakan Jalan HOS Tjokroaminoto - Jalan Wahid Hasyim - Jalan Mas Mansyur - dst.




Sumber : kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x