Kompas TV nasional politik

Panglima TNI Ungkap Jokowi Sudah Perintahkan Pembentukan Angkatan Siber

Kompas.tv - 4 September 2024, 07:10 WIB
panglima-tni-ungkap-jokowi-sudah-perintahkan-pembentukan-angkatan-siber
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto (kedua kiri) memeriksa pasukan saat upacara penyambutan kedatangan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (15/3/2024). (Sumber: Antara/M Risyal Hidayat)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengungkapkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan pembentukan Angkatan Siber sebagai matra keempat di TNI.

Angkatan Siber rencananya akan menjadi pelengkap bagi tiga matra yang sudah ada, yakni Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Angkatan Udara.

"Saya sudah diperintah Pak Presiden, kemarin juga dari MPR waktu pidato, untuk membuat TNI Angkatan Siber," kata Agus usai rapat kerja bersama Komisi I DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Baca Juga: Kapolri dan Panglima TNI Tegaskan Polri dan Tentara Siap Amankan KTT IAF di Bali

Dia menyebut TNI saat ini sudah memiliki satuan siber. Satuan siber itu disebutnya sangat tergantung kemampuan sumber daya manusia yang ada.

Lebih lanjut, dia menyatakan TNI telah berencana membuat pusat siber di setiap mabes dan setiap matra.

Agus menyebut satuan ini akan lebih banyak diisi sipil lulusan SMA dan universitas.

"Memang kalau siber itu berbeda dengan satuan lain, mungkin akan lebih banyak orang sipilnya," kata Agus, dikutip Antara.

Sebelumnya, Ketua MPR Bambang Soesatyo menyatakan sudah saatnya TNI menciptakan matra keempat, yakni Angkatan Siber.

Bamsoet menilai Angkatan Siber diperlukan karena posisi geopolitik Indonesia dinilai rawan di tengah negara-negara yang terkait Inggris Raya, yakni Malaysia, Singapura, dan Australia.

"Kehadirannya (Angkatan Siber) untuk memperkuat tiga matra yang sudah ada, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara," kata Bamsoet dalam pidato pengantar Sidang Tahunan MPR 2024 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, 16 Agustus 2024.

Baca Juga: Selain Jokowi, Paus Fransiskus Dijadwalkan Bertemu Prabowo Subianto


 




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x