Kompas TV nasional peristiwa

Paus Fransiskus Tiba di Indonesia

Kompas.tv - 3 September 2024, 11:48 WIB
paus-fransiskus-tiba-di-indonesia
Paus Fransiskus berdiri di balkon Basilika Santo Petrus untuk menyampaikan pemberkatan Natal Urbi et Orbi di Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Senin (25/12/2023). Ini skema rekayasa lalu lintas saat kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta, Mulai 4-5 September 2024. (Sumber: AFP/TIZIANA FABI via Kompas.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus resmi tiba di Indonesia, Selasa (3/9/2024).

Menurut pantauan Breaking News Kompas TV, Paus Fransiskus tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar pada pukul 11.30 WIB.

Paus Fransiskus terbang ke Indonesia menggunakan pesawat komersial Alitalia. Ada 274 personel gabungan TNI, Polri, Gegana dan Paspampres diterjunkan untuk mengamankan kedatangan Paus.

Paus disambut oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Gandi Sulistiyanto dan Duta Besar Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan Michael Trias Kuncahyono.

Selain itu, hadir pula Uskup Agung Jakarta Kardinal Suharyo, Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Antonius Subianto Bunyamin, Duta Besar Takhta Suci Vatikan untuk Indonesia Uskup Piero Pioppo, Sekretaris Kedutaan Takhta Suci Vatikan Pastur Michael Andrew Pawlowicsz dan Ketua Panitia Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia Ignatius Jonan juga akan menyambut Bapa Suci.

Paus Fransiskus juga disambut oleh dua orang anak yang memberikan hand bouquet atau rangkaian bunga. Keduanya yakni Mary Lourdes Wicaksono Atmojo yang berusia 6 tahun dan berasal dari Jakarta Pusat. Lalu ada Irfan Wael berusia 12 tahun dari Kabupaten Buru, Maluku.

Paus akan langsung menuju Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta sebelum menghadiri pertemuan dengan Presiden Jokowi yang diagendakan akan dilakukan Rabu (4/9).


Seperti diketahui, Paus akan melakukan kunjungan apostolik ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Selama lawatannya ke Tanah Air, pemimpin tertinggi Gereja Katolik Roma itu dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo, bertandang ke Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, serta memimpin misa di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Madya di hadapan lebih dari 80.000 umat Katolik dari berbagai penjuru.

Kehadiran Paus kelahiran Argentina itu di Indonesia merupakan bagian dari kunjungan apostolik Paus di Asia dan Pasifik.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x