Kompas TV nasional peristiwa

MUI Harap Kehadiran Paus Fransiskus di Indonesia Perkokoh Persaudaraan Sebangsa Setanah Air

Kompas.tv - 3 September 2024, 11:11 WIB
mui-harap-kehadiran-paus-fransiskus-di-indonesia-perkokoh-persaudaraan-sebangsa-setanah-air
Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Marsudi Syuhud. (Sumber: Tangkapan Layar Breakingnews Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Majelis Ulama Indonesia berharap kedatangan Sri Paus Fransiskus ke Indonesia bisa memperkokoh persaudaraan sebangsa setanah air Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Marsudi Syuhud sebagaimana tayangan Breaking News Kompas TV Kedatangan Sri Paus Fransiskus di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (3/9/2024).

“Judul beliau Yang Mulia datang ke Indonesia adalah untuk persaudaraan, di kita ada namanya persaudaraan ukhuwah basyariyah atau ukhuwah insaniyah, persaudaraan antarmanusia, persaudaraan antarkemanusiaan ini yang kita akan bangun bersama,” kata Marsudi.

“Dari persaudaraan antarmanusia atau yang bahasa beliau-beliau ini fraternity, itu kita mudah-mudahan bisa memperkokoh ukhuwah wathoniyah persaudaraan sebangsa setanah air atau persaudaraan kebangsaan,” tambahnya.

Baca Juga: Sambut Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia, Jokowi: Kunjungan Sangat Bersejarah

Menurut Marsudi, Indonesia beruntung dengan kehadiran Sri Paus Fransiskus ke Indonesia yang akan menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara.

“Indonesia beruntung karena dari segi temanya saja kedatangan Yang Mulia ini adalah untuk persatuan dan kesatuan di dalam negara yang di Indonesia adalah, negara Bhinneka Tunggal Ika,” ucap Marsudi.

“Dari sinilah harapan kami Majelis Ulama Indonesia, mudah-mudahan tercapai apa yang diharapkan oleh umat Katolik oleh Majelis Ulama Indonesia, yaitu untuk mempererat ukhuwah basyariyah, ukhuwah Islamiyah, dan ukhuwah Wathoniyah.”

Sebagai informasi, Paus Fransiskus diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Selasa (3/9/2024), pukul 11.30 WIB.

Paus Fransiskus mengadakan perjalanan apostolik mulai 3 September hingga 6 September 2024 di Indonesia. Agenda Paus Fransiskus dimulai Rabu, 4 September 2024, bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB.

Baca Juga: JK: Kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia Kehormatan Bagi Kita Semua

Kemudian di hari yang sama, Paus Fransiskus juga diagendakan bertemu dengan para pejabat pemerintahan, korps diplomatik, tokoh-tokoh masyarakat dan masyarakat sipil di Aula Istana Negara.

Selanjutnya pukul 11.30 WIB, Paus dijadwalkan akan melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesuit di Apostolic Nunciantura Kantor Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

Lalu pukul 16.30 WIB, Paus dijadwalkan bertemu para uskup, imam, diakon, biarawan-biarawati, seminaris, dan katekis di Gereja Maria Diangkat ke Surga, Gereja Katedral Jakarta. Pada sore hari pukul 17.35 WIB, Paus Fransiskus akan berjumpa dengan kaum muda dari Scholas Occurantes di Youth Center Graha Pemuda Senayan.


 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x