Kompas TV nasional peristiwa

JK: Kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia Kehormatan Bagi Kita Semua

Kompas.tv - 3 September 2024, 10:03 WIB
jk-kedatangan-paus-fransiskus-di-indonesia-kehormatan-bagi-kita-semua
Paus Fransiskus berdiri di balkon Basilika Santo Petrus untuk menyampaikan pemberkatan Natal Urbi et Orbi di Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Senin (25/12/2023). Ini skema rekayasa lalu lintas saat kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta, Mulai 4-5 September 2024. (Sumber: AFP/TIZIANA FABI via Kompas.id)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla sebut kedatangan Paus Fransiskus di Tanah Air merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia.

“Tentu kedatangan Paus Fransiskus itu suatu kehormatan bagi kita semua untuk menerima dengan baik,” kata JK sapaan akrabnya, dikutip dari Kompas.com, Senin (2/9/2024).

JK menegaskan, tidak ada alasan bagi Indonesia untuk tidak menghormati kedatangan Paus Fransiskus meskipun jumlah penduduk Katolik tidak terlalu besar.

Menurutnya, masyarakat Indonesia harus tetap toleran dan menghargai kedatangan Pemimpin Gereja Katolik Dunia itu.

Baca Juga: PDI-P Bantah Megawati Tidak Penuhi Undangan Prabowo untuk Acara Rapimnas Gerindra karena Ada Jokowi

“Dan Indonesia sebagai negara meskipun penduduk Katolik tidak terlalu besar tapi harus tetap toleran menyambut kedatangannya, siapa pun dia,” ujarnya.

JK pun optimistis kedatangan Paus akan berdampak positif terhadap bangsa Indonesia untuk mempererat hubungan antar-agama dan perdamaian.

“Paus itu selalu mendorong perdamaian,” ujar Jusuf Kalla.

Seperti diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Paus Fransiskus diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada siang nanti, Selasa (3/9/2024), pukul 11.30 WIB.

Paus Fransiskus mengadakan perjalanan apostolik mulai 3 September hingga 6 September 2024 di Indonesia. Agenda Paus Fransiskus dimulai Rabu, 4 September 2024, bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB.

Baca Juga: Pengamat: Anies Baswedan Lupa Aura Politiknya Sudah Hilang, Figuritasnya Tidak Bisa Diandalkan

Kemudian di hari yang sama, Paus Fransiskus juga diagendakan bertemu dengan para pejabat pemerintahan, korps diplomatik, tokoh-tokoh masyarakat dan masyarakat sipil di Aula Istana Negara.

Selanjutnya pukul 11.30 WIB, Paus dijadwalkan akan melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesuit di Apostolic Nunciantura Kantor Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

Lalu pukul 16.30 WIB, Paus dijadwalkan bertemu para uskup, imam, diakon, biarawan-biarawati, seminaris, dan katekis di Gereja Maria Diangkat ke Surga, Gereja Katedral Jakarta. Pada sore hari pukul 17.35 WIB, Paus Fransiskus akan berjumpa dengan Kaum muda dari Scholas Occurantes di Youth Center Graha Pemuda Senayan.

Link live streaming kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

Bagi Anda yang tidak ingin melewatkan momen penting ini, link live streaming kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia:

Link Live Streaming Kedatangan Paus Fransiskus

Selain itu, Kompas TV juga menyediakan layanan live streaming 24 jam untuk mengikuti perkembangan berita terkini dan program-program unggulan lainnya. Anda dapat mengaksesnya melalui link berikut:

Link


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x