Kompas TV nasional peristiwa

Prospek Cuaca BMKG Sepekan, Mana Saja Wilayah yang Berpotensi Hujan Lebat 3-9 September 2024?

Kompas.tv - 3 September 2024, 07:30 WIB
prospek-cuaca-bmkg-sepekan-mana-saja-wilayah-yang-berpotensi-hujan-lebat-3-9-september-2024
Ilustrasi hujan. (Sumber: Anna Atkins on Unsplash)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang dalam sepekan ke depan, Selasa (3/9/2024) hingga 9 September 2024.

Menurut prospek cuaca sepekan ke depan, wilayah selatan Indonesia, termasuk Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, saat ini masih mengalami musim kemarau dengan dominasi cuaca cerah hingga berawan.

Meskipun demikian, kata BMKG, dalam sepekan ke depan terdapat peningkatan potensi hujan di sejumlah wilayah Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia bagian tengah dan utara ekuator, yang meliputi sebagian Sumatra bagian Utara hingga Tengah, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara dan Papua.

Baca Juga: Pemerintahan Prabowo, IKN Berpotensi 'Mangkrak'? Begini Penjelasan Silfester Matutina

Potensi hujan ini dipengaruhi oleh aktivitas fenomena cuaca global dan regional, berupa aktifnya Gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial.

Selain itu, adanya daerah pertemuan dan perlambatan angin, kelembapan udara yang tinggi, serta labilitas atmosfer yang menciptakan kondisi udara labil sehingga berpotensi meningkatkan pembentukan awan hujan.

Secara umum, kombinasi fenomena-fenomena cuaca tersebut diprakirakan menimbulkan potensi cuaca ekstrem 3-9 September 2024.

Baca Juga: [FULL] Analisis Ahli hingga Respons TKN Prabowo-Gibran soal Pesan 'Keberlanjutan' Jokowi ke Prabowo

Potensi hujan sedang lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimaritan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua, dan Papua Selatan.

Potensi angin kencang ada di wilayah Sumatera Selatan Jawa Timur, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Gorontalo Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.


 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x