Kompas TV nasional humaniora

Paus Fransiskus Mohon Doa Jelang Perjalanan Apostolik ke Asia, Berangkat ke Indonesia Hari Ini

Kompas.tv - 2 September 2024, 10:30 WIB
paus-fransiskus-mohon-doa-jelang-perjalanan-apostolik-ke-asia-berangkat-ke-indonesia-hari-ini
Paus Fransiskus melambaikan tangan setelah menghadiri audiensi umum mingguannya di Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Rabu (28/8/2024). (Sumber: AP Photo/Andrew Medichini)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

VATIKAN, KOMPAS.TV - Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus memohon doa jelang perjalanan apolistik ke Asia yang akan mulai dilakukan pekan ini.

”Besok (hari ini) saya akan memulai perjalanan apostolik mengunjungi beberapa negara di Asia. Mohon doa untuk kelancaran perjalanan ini,” kata Paus Fransiskus di depan ribuan peziarah yang memadati sebagian Alun-alun Santo Petrus Vatikan, Minggu (1/9/2024), dikutip dari Kompas.id.

Paus Fransiskus dijadwalkan meninggalkan Roma untuk memulai perjalanannya ke Asia pada hari ini Senin (2/9/2024) petang waktu Roma,

Paus akan meninggalkan Bandar Udara (Bandara) Internasional Fiumicino Roma menuju Jakarta, Indonesia.

Pada 3 September 2024 pukul 11.30 WIB, Bapa Suci diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Baca Juga: Paus Fransiskus Akan Duduki Kursi Rotan Saat Kunjungi Indonesia, Ternyata Sarat Makna

Pada 4 September 2024 sekitar pukul 10.00 WIB, Paus akan melakukan kunjungan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, setelah itu bertemu dengan para pejabat pemerintahan, korps diplomatik, tokoh-tokoh masyarakat dan masyarakat sipil di Aula Istana Negara.

Sekitar pukul 11.30 WIB melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesuit di Apostolic Nunciantura kantor Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

Pukul 16.30 WIB mantan Uskup Agung Buenos Aires itu dijadwalkan bertemu para uskup, imam, diakon, biarawan-biarawati, seminaris, dan katekis di Gereja Maria Diangkat ke Surga, Gereja Katedral Jakarta.

Pada pukul 17.35 WIB, kaum muda dari Scholas Occurantes diberi kesempatan berjumpa Paus Fransiskus di Youth Center Graha Pemuda Senayan

Tanggal 5 September 2024, sekitar pukul 09.00 WIB, Paus Fransiskus akan menghadiri interreligous meeting atau pertemuan dengan para tokoh antaragama di Masjid Istiqlal Jakarta disusul pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). 

Pukul 17.00 WIB, Paus akan mengadakan Misa Suci di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta yang bakal dihadiri puluhan ribu umat Katolik.

Baca Juga: Sosok Paus Fransiskus dalam Perdamaian Dunia, Kunjungi 65 Negara Termasuk Daerah Miskin dan Perang

Pada 6 September 2024, sekitar pukul 9.45 WIB, Paus Fransiskus bertolak dari Jakarta menuju Port Moresby, Papua Nugini melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Selain Indonesia, dalam perjalanan yang akan berlangsung hingga 13 September mendatang, Paus Fransiskus akan mengunjungi Papua Niugini, Timor Leste, dan Singapura.

Dalam kesempatan itu, Paus Fransiskus juga kembali mengulang seruannya tentang perdamaian, terutama untuk Ukraina dan Palestina. Paus mengatakan, dialog adalah cara terbaik untuk mengakhiri perang.


 




Sumber : Kompas TV, Kompas.id




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x