Kompas TV nasional politik

Prabowo Ajak Menteri Jokowi Masuk Kabinetnya, Dahnil: Didahulukan yang Mendukung

Kompas.tv - 2 September 2024, 06:15 WIB
prabowo-ajak-menteri-jokowi-masuk-kabinetnya-dahnil-didahulukan-yang-mendukung
Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Maruf Amin, dan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto (dari kiri ke kanan) meninggalkan lokasi apel kader Partai Gerindra di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (31/8/2024). (Sumber: KOMPAS/ADRYAN YOGA PARAMADWYA )
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan presiden terpilih itu akan mengutamakan pihak-pihak yang mendukungnya untuk masuk ke kabinet 2024-2029.

Hal tersebut disampaikan Dahnil usai Prabowo mengaku akan mengajak menteri-menteri di Kabinet Indonesia Maju (KIM) pimpinan Joko Widodo (Jokowi), untuk masuk ke kabinetnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ungkap Alasan Maju di Pilkada Jakarta: Arahan Pak Prabowo

Dahnil menyebut Prabowo akan mempertimbangkan prestasi dan kebermanfaatan menteri-menteri Jokowi dalam penyusunan kabinet mendatang.

Namun, politikus Partai Gerindra itu belum bisa memastikan berapa menteri Jokowi yang akan diajak Prabowo masuk ke kabinetnya.

"Tentu yang didahulukan adalah mereka-mereka yang mendukung Pak Prabowo dan berkoalisi dengan Pak Prabowo. Dan itu adalah suatu hal yang mafhum dalam politik," kata Dahnil dalam program "Kompas Petang" Kompas TV, Minggu (1/9/2024).

"Tapi di balik itu semua, syarat-syarat meritokrasi akan tetap dikedepankan. Artinya mengedepankan integritas, tetap menjadi bagian penting dalam pemilihan kabinet Pak Prabowo nantinya."

Dia pun belum bisa memastikan apakah Prabowo akan merekrut menteri dari PDI Perjuangan (PDIP) sebagai upaya merangkul.

Menurutnya, hal tersebut tergantung komunikasi politik antara Prabowo dan PDIP.

Sementara Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengaitkan pernyataan Prabowo mengajak menteri Jokowi dengan janji keberlanjutan presiden terpilih tersebut.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x