Kompas TV nasional humaniora

Peringatan Dini Gelombang Tinggi dan Perkiraan Cuaca di Sejumlah Kota di Indonesia

Kompas.tv - 31 Agustus 2024, 08:18 WIB
peringatan-dini-gelombang-tinggi-dan-perkiraan-cuaca-di-sejumlah-kota-di-indonesia
Ilustrasi cuaca. (Sumber: Freepik)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

KOMPAS.TV – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menerbitkan peringatan dini gelombang tinggi wilayah perairan Indonesia berlaku tanggal 31 Agustus 2024 Pukul 07.00 WIB - 01 September 2024 Pukul 07.00 WIB.

Mengutip informasi BMKG, angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari tenggara ke barat daya dengan kecepatan antara 8 hingga 25 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan pada umumnya bergerak dari timur ke tenggara dengan kecepatan 8 hingga 25 knot.

Gelombang laut sedang atau ketinggian antara 1,25 hingga 2.5 meter berpotensi terjadi di perairan utara Pulau Sabang, perairan barat Aceh hingga Mentawai, perairan Pulau Enggano hingga Bengkulu, perairan barat Lampung.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG 31 Agustus-1 September 2024: 9 Wilayah Waspada Cuaca Ekstrem Hujan Lebat

Selanjutnya, Samudera Hindia Barat Aceh hingga Kepulauan Nias, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Jawa hingga Sumba, selat Bali-Lombok-Alas-Sape bagian selatan.

Kemudian, Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu, Samudera Hindia selatan Bali hingga NTT, dan Samudera Pasifik utara Halmahera hingga Papua Barat.

Sedangkan gelombang laut tinggi atau berkisar antara 2,5 hingga 4,0 meter diperkirakan dapat terjadi di Samudera Hindia barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung dan Samudera Hindia selatan Jawa.

Maria Klaudiana, prakirawan BMKG menjelaskan prakiraan cuaca di sejumlah kota besar di Indonesia untuk hari ini, Sabtu (31/8/2024) mulai pukul 07.00 WIB.

Melalui unggahan di akun Instagram @infobmkg, ia menjelaskan bahwa perlu mewaspadai potensi banjir rob di pesisir kepulauan Riau dan pesisir Jawa Tengah.

Kota Banda Aceh dan Pekanbaru umumnya cuaca berawan hinga berawan tebal. Potensi hujan ringan diprakirakan terjadi di Kota Padang dan Tanjung Pinang.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x