Kompas TV nasional politik

Anies Buka Peluang untuk Bikin Parpol Baru: Semoga Tak Terlalu Lama

Kompas.tv - 30 Agustus 2024, 19:29 WIB
anies-buka-peluang-untuk-bikin-parpol-baru-semoga-tak-terlalu-lama
Anies Baswedan di KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, dirinya membuka peluang ihwal adanya aspirasi atau gagasan untuk membentuk sebuah partai politik (parpol) baru di Indonesia. 

Menurut dia, untuk mewadahi seseorang masuk dalam gerakan perubahan di Tanah Air harus membentuk sebuah organisasi masyarakat (ormas) atau parpol baru.

"Apakah lalu akan buat partai politik baru? Gini, bila untuk mengumpulkan semua semangat perubahan yang sekarang makin hari makin terasa besar dan itu menjadi sebuah kekuatan, diperlukan menjadi gerakan, maka membangun ormas atau membangun partai baru mungkin itu jalan yang akan kami tempuh," kata Anies dalam siaran video yang dikutip dari YouTube Kompas TV, Jumat (30/8/2024). 

Baca Juga: Jokowi Jawab Tudingan Jegal Anies Maju di Pilkada Serentak: Saya Bukan Ketua Partai, Apa Urusannya?

Ia berharap pembentukan sebuah ormas atau parpol itu bisa terwujud dalam waktu dekat. Salah satu ide yang digaungkan dalam gerakan itu ialah politik yang mengedepankan sebuah gagasan. 

"Semoga tidak terlalu lama lagi kita bisa mewujudkan langkah-langkah konkret untuk bisa mewadahi gerakan yang sekarang ini makin hari makin membesar, menginginkan Indonesia yang lebih setara, demokrasi yang lebih sehat, Politik yang lebih mengedepankan gagasan," katanya. 

Anies menambahkan, dirinya akan mengajak seluruh masyarakat untuk membangun kesadaran agar proses politik yang dibangun itu melalui sebuah tahapan-tahapan yang baik. Sebab, dengan menjunjung nilai demokrasi yang dianut Indonesia, sudah sewajarnya kalau dunia politik di Indonesia itu berjalan secara transparan dan bersih. 

"Dan kita punya PR (pekerjaan rumah) untuk mengajak seluruh rakyat memiliki kesadaran yang lebih baik tentang proses politik, tentang proses demokrasi agar demokrasi kita itu bisa berjalan dengan benar, berjalan dengan baik dan hasilnya adalah untuk dirasakan seluruh rakyat."

Baca Juga: Jubir Anies Ungkap Alasan Tak Maju Pilgub Jawa Barat, Meski Diusung Partai Besar

"Ini PR tersendiri dan bukan sesuatu yang sederhana, tapi kita harus kerja keras dan saya rasa kita jangan berhenti di sini. Karena itu salah satu tujuan besar yang akan diperjuangkan ke depan adalah meningkatkan kesadaran politik dan demokrasi Indonesia," katanya.


 

.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x