Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies soal Gagal Maju di Pilgub Jakarta: Saya Yakin Ini Pasti yang Terbaik

Kompas.tv - 30 Agustus 2024, 13:14 WIB
anies-soal-gagal-maju-di-pilgub-jakarta-saya-yakin-ini-pasti-yang-terbaik
Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan memberikan sambutan dalam acara tasyakuran Harlah ke-26 PKB di Jakarta, Minggu (21/7/2024). (Sumber: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Rasyid Baswedan menganggap perjalanan dirinya menuju Pilgub Jakarta 2024 yang kandas karena tidak ada partai politik yang mengusungnya, sebagai perjalanan spiritual yang harus disyukuri.

Anies sempat dikabarkan akan diusung PDI Perjuangan (PDIP) di Pilkada Jakarta. Namun, PDIP kemudian mengumumkan mengusung Pramono Anung-Rano Karno.

“Ya saya ini menjalani ini semua itu sebagai satu perjalanan spiritual yang dinikmati, disyukuri apa pun outcome-nya, itu pasti Allah berikan yang terbaik. Jadi ketika kemudian hasil yang kita saksikan seperti sekarang, saya yakin ini pasti yang terbaik,” kata Anies di depan kediamannya di Jakarta Selatan, Jumat (30/8/2024), dipantau dari tayangan Breaking News Kompas TV.

Saat dikonfirmasi soal langkah selanjutnya yang akan ia ambil, usai gagal maju di Pilkada Jakarta, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan akan menyampaikannya kemudian.

Baca Juga: Istana Bantah Jokowi Ikut Campur Pencalonan Pilkada: Jangan Problem Partai Selalu Dikaitkan Presiden

“Nanti akan saya sampaikan khusus terkait rencana ke depan, langkah-langkah apa yang akan dikerjakan dan semua hal-hal yang menyangkut apa yang sedang dikerjakan, kemudian akan dikerjakan akan saya sampaikan secara khusus,” ujar Anies.

“Tapi yang jelas, kita ingin agar suasana demokrasi kita sehat, apa yang jadi aspirasi rakyat tecermin di dalam apa yang disimpulkan oleh putusan elite,” tambahnya.

Eks Rektor Universitas Paramadina itu pun berpesan agar berbagai pihak saling menghormati dan menghargai sehingga suasana pilkada teduh, tenang dan ujungnya bermanfaat bagi rakyat.

“Buat kita semua, kita terus jaga suasana yang saling menghormati, saling menghargai suasana teduh tenang dan kita ingin agar proses demokrasi berujung kepada manfaat buat rakyat, bukan manfaat buat untuk segelintir orang, bukan manfaat hanya untuk elite,” kata Anies.

Baca Juga: Analisis Pengamat soal Gagalnya Anies Maju Pilgub dan Kisah Ngeri-Ngeri Sedap 4 Presiden

Ia pun menyampaikan selamat kepada para calon kepala dan wakil kepala daerah yang hari ini menjalani pemeriksaan kesehatan.

“Saya ingin menyampaikan selamat saja kepada mereka-mereka yang hari ini mulai menjalani periksa kesehatan, mulai menjalankan proses, mudah-mudahan berjalan lancar, demokrasinya juga nanti berjalan dengan baik,” ucap Anies.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x