Kompas TV nasional rumah pemilu

Ini Komentar Anies Baswedan usai Gagal Ikut Pilkada 2024

Kompas.tv - 30 Agustus 2024, 13:00 WIB
ini-komentar-anies-baswedan-usai-gagal-ikut-pilkada-2024
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbicara dengan wartawan usai gagal maju dalam Pilkada 2024, di Jakarta, Jumat (30/8/2024). (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Rasyid Baswedan mengatakan akan menyampaikan secara khusus langkah selanjutnya yang akan dia ambil setelah tidak ada yang mengusungnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Anies sempat dikabarkan akan diusung PDI Perjuangan (PDIP) di Pilkada Jakarta. Namun, PDIP kemudian mengumumkan mengusung Pramono Anung-Rano Karno.

Ia juga sempat dikabarkan akan diusung sebagai calon gubernur di Pilkada Jawa Barat. Tetapi hingga masa pendaftaran ditutup pada Kamis (29/8/2024) malam, namanya tidak muncul.

“Nanti akan saya sampaikan khusus terkait rencana ke depan, langkah-langkah apa yang akan dikerjakan dan semua hal-hal yang menyangkut apa yang sedang dikerjakan, kemudian akan dikerjakan, akan saya sampaikan secara khusus,” ucap Anies di Jakarta Selatan, Jumat (30/8/2024), dipantau dari tayangan Breaking News Kompas TV.

“Tapi yang jelas kita ingin agar suasana demokrasi kita sehat, apa yang jadi aspirasi rakyat tecermin di dalam apa yang disimpulkan oleh putusan elite,” tambahnya.

Baca Juga: Istana Bantah Jokowi Ikut Campur Pencalonan Pilkada: Jangan Problem Partai Selalu Dikaitkan Presiden

Anies lebih lanjut menuturkan, perjalanannya menuju Pilkada Jakarta yang kandas karena tidak ada partai politik yang mengusung dirinya, merupakan perjalanan spiritual yang harus disyukuri.

“Ya saya ini menjalani ini semua itu sebagai satu perjalanan spiritual yang dinikmati, disyukuri apa pun outcome-nya itu pasti Allah berikan yang terbaik. Jadi ketika kemudian hasil yang kita saksikan seperti sekarang, saya yakin ini pasti yang terbaik,” ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Anies pun meminta berbagai pihak untuk terus menjaga suasana pilkada agar tetap berjalan kondusif dan proses demokrasi berujung pada manfaat untuk rakyat bukan segelintir elite.

“Buat kita semua, kita terus jaga suasana yang saling menghormati, saling menghargai suasana teduh tenang dan kita ingin agar proses demokrasi berujung kepada manfaat buat rakyat, bukan manfaat buat untuk segelintir orang, bukan manfaat hanya untuk elite,” kata mantan Rektor Universitas Paramadina tersebut.

Baca Juga: Analisis Pengamat soal Gagalnya Anies Maju Pilgub dan Kisah Ngeri-Ngeri Sedap 4 Presiden

Dalam keterangannya, Anies pun menyampaikan selamat kepada para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang hari ini menjalani pemeriksaan kesehatan.

“Saya ingin menyampaikan selamat saja kepada mereka-mereka yang hari ini mulai menjalani periksa kesehatan, mulai menjalankan proses, mudah-mudahan berjalan lancar, demokrasinya juga nanti berjalan dengan baik,” ucapnya.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x