Kompas TV nasional rumah pemilu

Istana Pastikan Risma Belum Serahkan Surat Pengunduran Diri sebagai Mensos

Kompas.tv - 30 Agustus 2024, 11:14 WIB
istana-pastikan-risma-belum-serahkan-surat-pengunduran-diri-sebagai-mensos
Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Sumber: Kemensos)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koordinator Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Ari Dwipayana menegaskan Tri Rismaharini belum menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Sosial.

Hal tersebut disampaikan Ari dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/8/2024). Seperti diberitakan, Risma telah mendaftarkan diri sebagai calon gubernur Jawa Timur pada Pilkada 2024.

“Sampai dengan saat ini, Ibu Risma belum menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Sosial,” ucapnya.

Sebelumnya, Ari juga menyampaikan, pada pagi ini, Presiden Joko Widodo telah (Jokowi) menerima Risma di Istana Merdeka.

Dia mengatakan, dalam kesempatan tersebut, Mensos melapor kepada Presiden Jokowi telah mendaftarkan diri sebagai calon gubernur Jawa Timur.

Baca Juga: Risma Temui Presiden Jokowi, Ajukan Pengunduran Diri sebagai Mensos?

“Pagi tadi, sekitar pukul 08.30 WIB, Bapak Presiden menerima Mensos, Ibu Tri Rismaharini di Istana Merdeka,” ucap Ari.

“Bu Risma melaporkan kepada Bapak Presiden bahwa beliau dicalonkan oleh partai politik sebagai bakal calon gubernur dan telah mendaftar ke KPU Provinsi Jatim,” tambahnya.

Pada prinsipnya, tegas Ari, Presiden menghormati hak politik setiap warga negara, termasuk yang saat ini sedang menjabat sebagai menteri atau kepala lembaga dan dicalonkan oleh partai politik, sebagai bakal calon kepala atau wakil kepala daerah pada Pilkada 2024.

“⁠Berdasarkan ketentuan UU Pilkada, tidak ada kewajiban bagi seorang menteri, pejabat setingkat menteri, atau kepala lembaga yang hendak maju sebagai calon kepala daerah/wakil kepala daerah untuk mundur dari jabatannya,” ujar Ari.

“⁠Tapi, keputusan untuk mundur dari jabatan tersebut menjadi hak atau pilihan pribadi yang bersangkutan, yang patut dihormati,” tambahnya.

Baca Juga: Rano Karno Ungkap Pesan Megawati: Jakarta Sebentar Lagi Ditinggal, Harus Pikirin, Kamu kan Betawi

Dikutip dari Antara, Risma sempat menyatakan akan mundur dari jabatan Mensos usai berziarah ke makam Sunan Bungkul di Surabaya. Ia mengaku ingin berkonsentrasi penuh pada kontestasi Pilkada Jawa Timur 2024.

“Mundur, saya akan mundur,” ucap Risma.

Dia kemudian menyampaikan akan menemui Presiden Jokowi untuk menyampaikan pengunduran dirinya secara langsung pada Jumat (30/8/2024) atau hari ini.

“Besok insyaallah kalau bisa minta waktu Pak Presiden untuk bisa mengundurkan diri. Tapi di aturan tidak diatur. Tapi saya akan mengundurkan diri. Dan itu kewenangan beliaunya,” kata Risma.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x