Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi Siap Bahas Isu Perdamaian Dunia dengan Paus Fransiskus dalam Kunjungan ke Indonesia

Kompas.tv - 29 Agustus 2024, 23:10 WIB
presiden-jokowi-siap-bahas-isu-perdamaian-dunia-dengan-paus-fransiskus-dalam-kunjungan-ke-indonesia
Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada awak media usai meresmikan Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Kamis (29/08/2024). (Sumber: BPMI Setpres/Vico)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo mengungkapkan harapannya untuk dapat berdiskusi dengan Paus Fransiskus terkait isu-isu global, terutama mengenai perdamaian dunia, selama kunjungan apostolik dan kenegaraan pemimpin Gereja Katolik dunia tersebut ke Indonesia pada September 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Jokowi usai meresmikan Bendungan Leuwikeris serta modernisasi dan rehabilitasi Daerah Irigasi Menganti di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (29/8/2024). 

Presiden menegaskan bahwa perdamaian dunia akan menjadi agenda utama dalam pertemuannya dengan Paus Fransiskus.

"Yang berkaitan utamanya dengan perdamaian. Saya kira itu yang sangat penting yang akan kita bicarakan dengan beliau," ujar Presiden Jokowi dikutip dari Antara.

Presiden Jokowi menekankan bahwa konflik-konflik dunia, seperti situasi di Gaza dan Ukraina, serta konflik-konflik kecil lainnya, akan menjadi fokus utama diskusi. 

Ia berharap kunjungan ini dapat mendorong upaya penyelesaian berbagai konflik tersebut.

"Agar perdamaian di seluruh konflik perang, baik yang ada di Gaza, di Ukraina, maupun konflik-konflik sedang, kecil lainnya yang juga ada di beberapa negara, bisa kita selesaikan," tambahnya.

Selama kunjungan Paus Fransiskus, Presiden Jokowi menyatakan niatnya untuk mendampingi sang Paus dalam beberapa agendanya di Indonesia, termasuk kunjungan ke Masjid Istiqlal dan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

"Sedapat mungkin saya akan bersama beliau," kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Uskup Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus dan Vatikan Ingin Belajar Mengenai Islam di Indonesia

Rangkaian Agenda Kunjungan Paus

Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Indonesia pada 3 September 2024. Pada hari berikutnya, 4 September, ia akan diterima secara kenegaraan oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta. Selain itu, Paus juga akan melakukan sejumlah kegiatan di Istana Negara.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x