Kompas TV nasional peristiwa

Hari Terakhir Registrasi, Pihak Anies Bantah Isu Pendaftaran di Pilkada Jakarta 2024

Kompas.tv - 29 Agustus 2024, 09:08 WIB
hari-terakhir-registrasi-pihak-anies-bantah-isu-pendaftaran-di-pilkada-jakarta-2024
Foto arsip. Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kedua kiri) didampingi calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kedua kanan) memberikan salam saat menghadiri sidang putusan perselisihan hasil Pilpres 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/4/2024). (Sumber: Kompas.tv/Ant/M Risyal Hidayat/rwa)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jelang penutupan pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta 2024, beredar isu mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat, Kamis (29/8/2024) atau hari terakhir pendaftaran.

Namun, isu tersebut dibantah oleh juru bicara Anies Baswedan, Angga Putra Fidrian.

"Hoaks, ya," tegas Angga dikutip dari Kompas.com.

Isu mencuat usai poster yang memuat foto Anies Baswedan akan mendaftar di KPUD Jakarta beredar. Poster tersebut mencantumkan undangan terbuka untuk Anies Baswedan "menata Jakarta" pada 29 Agustus 2024 pukul 10.00 WIB di Gedung KPUD Jakarta.

Yang menarik, poster tersebut juga mencantumkan lambang beberapa partai politik yang diduga mendukung pencalonan Anies, termasuk Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Ummat, Partai Buruh, dan Partai Hanura. Namun, dukungan ini juga dibantah oleh pihak-pihak terkait.

Baca Juga: Hari Terakhir Pendaftaran Calon Gubernur Jakarta 2024, Bagaimana Nasib Anies?

Ketua DPP Partai PKB, Cucun Ahmad Syamsurijal, telah membantah adanya pengalihan dukungan PKB dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus ke Anies Baswedan.

"Tidak ada, itu hoaks," tegas Cucun.

Ia menegaskan PKB tetap bergabung dengan KIM Plus untuk mendukung pasangan Ridwan Kamil dan Suswono dalam Pilgub Jakarta 2024.

Senada, Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah juga membantah akan mengusung Anies dalam kontestasi ini. 

"Lihat faktanya saja hari ini. Faktanya hari ini PKB sudah mendaftarkan Pak Ridwan Kamil-Suswono (ke KPU)," ujar dikutip dari Tribunnews, Rabu (28/8).

Baca Juga: PDIP Dinilai Buat Keputusan Anti-Klimaks Usung Pramono-Rano, Pengamat: Publik Aspirasinya Anies-Ahok

Seperti diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Anies Baswedan sempat dikabarkan akan diusung oleh PDI Perjuangan (PDI-P) untuk Pilkada Jakarta 2024. Namun, PDI-P akhirnya memilih kadernya sendiri, Pramono Anung dan Rano Karno, untuk berkontestasi dalam pemilihan tersebut dan keduanya sudah mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada Jakarta, kemarin.

Hingga saat ini, Anies Baswedan juga belum menemukan partai politik yang bersedia mengusungnya untuk berkontestasi di Pilkada Jakarta 2024. Selain itu hari ini Kamis (29/8) merupakan hari terakhir pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta di KPUD.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x