Kompas TV nasional politik

Hari Terakhir Pendaftaran Calon Gubernur Jakarta 2024, Bagaimana Nasib Anies?

Kompas.tv - 29 Agustus 2024, 08:28 WIB
hari-terakhir-pendaftaran-calon-gubernur-jakarta-2024-bagaimana-nasib-anies
Foto arsip. Capres nomor urut 1, Anies Baswedan dalam acara Desak Anies di Surabaya, Jumat (9/2/2024). Akankah Anies Baswedan mendaftar di hari terakhir pendaftaran Pilkada Jakarta 2024, Kamis (29/8/2024)? (Sumber: YouTube Anies Baswedan)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta untuk Pilkada 2024 memasuki hari terakhir pada hari ini, Kamis (29/8/2024).

Dua pasangan calon telah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta, kemarin. Pertama yang telah mendaftar adalah Pramono Anung dan Rano Karno yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Disusul oleh pasangan Ridwan Kamil dan Suswono yang didukung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Sementara itu, pasangan independen Dharma Pongrekun dan Kun Wardana dikabarkan akan mendaftar pada pukul 20.00 WIB malam nanti atau empat jam sebelum batas akhir pendaftaran.

Di tengah proses pendaftaran ini, muncul isu yang menyebutkan bahwa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan memberikan dukungan kepada Anies Baswedan. Namun, isu tersebut dengan tegas dibantah oleh pihak PKB.

"Lihat faktanya saja hari ini. Faktanya hari ini PKB sudah mendaftarkan Pak Ridwan Kamil-Suswono (ke KPU)," ujar Hasbiallah dikutip dari Tribunnews, Rabu (28/8).

Baca Juga: "Nyagub" di Jakarta, Ridwan Kamil: Kita Akan Dukung Persija

Senada dengan Hasbiallah, Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal juga membantah adanya pengalihan dukungan ke Anies Baswedan.

"Tidak ada, itu hoaks," tegas Cucun.

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid mengakui adanya pihak yang berharap Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

Namun, ia menegaskan bahwa harapan tersebut tidak ditanggapi oleh partainya.

"Ada yang ngarep begitu sih, tetapi enggak ditanggapi, enggak membahas itu," ujar Jazilul.

Baca Juga: Minta DPR Selesaikan RUU Perampasan Aset, Jokowi: Seharusnya Secepat Merespons RUU Pilkada

Sebelumnya Anies Baswedan, yang sempat menjajaki kemungkinan mendapatkan dukungan dari PDIP, belum mendapatkan tiket dari partai politik manapun untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

Harapannya untuk berduet dengan Rano Karno pupus setelah PDIP memilih mengusung Pramono Anung sebagai calon gubernur.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x