Kompas TV nasional humaniora

Kisi-Kisi Soal Tes SKD Pendaftaran Seleksi CPNS 2024, Bisa Diunduh via Ponsel

Kompas.tv - 28 Agustus 2024, 21:05 WIB
kisi-kisi-soal-tes-skd-pendaftaran-seleksi-cpns-2024-bisa-diunduh-via-ponsel
Foto ilustrasi. Peserta mengikuti ujian seleksi calon pegawai negeri sipil dengan sistem computer assisted test (CAT) di kantor Badan Kepegawaian Negera Regional VI Medan, Sumatera Utara, Senin (27/1/2020). Info terkini terkait instansi-instansi yang membuka lowongan CPNS 2024. (Sumber: KOMPAS/NIKSON SINAGA)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah secara resmi membuka Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2024. Pendaftaran seleksi ini sudah dimulai sejak 20 Agustus dan akan berlangsung hingga 6 September 2024.

Bagi peserta yang tertarik mengikuti Rekrutmen CPNS 2024, penting untuk mengetahui tentang Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan memahami nilai ambang batas atau passing grade yang digunakan.

Pelaksanaan SKD sendiri dijadwalkan akan berlangsung pada 16 Oktober - 14 November 2024.

Ketentuan terkait passing grade telah ditetapkan dan diumumkan dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KepmenPANRB) No. 321/2024. Keputusan ini mengatur nilai ambang batas dalam Seleksi Kompetensi Dasar untuk pengadaan CPNS Tahun Anggaran 2024, sehingga peserta dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dalam menghadapi seleksi.

Adapun SKD CPNS 2024 masih meliputi tiga bagian, yaitu

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK);
  • Tes Intelegensia Umum (TIU); dan
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Para pendaftar seleksi CPNS 2024 disarankan untuk memaksimalkan waktu mereka dalam mempelajari materi-materi yang relevan dan mengerjakan latihan soal.

Link PDF Kisi-kisi, contoh Ebook soal CPNS 2024

Berikut ialah kisi-kisi, contoh ebook CPNS 2024 yang berisi kumpulan prediksi soal CPNS 2024 yang bisa digunakan dan dapat diunduh dengan mudah

Cara Unduh Ebook CPNS 2024 Tanpa Perlu Ribet Buat Akun

  • Klik link ebook yang telah disediakan di atas.
  • Buka link scribd.vpdfs.com 
  • Copy link ebook pada scribd tanpa membuat akun.
  • Paste link ebook scrbd di web scribd.vpdfs.com 
  • Ikuti prosesnya dan tunggu untuk mengunduh file

Baca Juga: Simak! Berikut Contoh Surat Izin PPPK untuk Mengikuti Seleksi CPNS 2024

Diberitakan sebelumnya, peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 yang telah lolos seleksi administrasi diberikan pilihan untuk tidak mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Opsi ini berlaku bagi peserta yang memiliki nilai SKD dari tahun 2023 yang melebihi nilai ambang batas atau passing grade.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN), Suharmen, menjelaskan bahwa peserta yang memenuhi syarat seleksi administrasi CPNS 2024 dapat memilih untuk mengikuti SKD tahun ini atau menggunakan nilai dari sertifikat SKD CAT BKN tahun 2023. Hal ini memberikan kemudahan bagi peserta yang telah memiliki nilai yang memenuhi syarat dari tahun sebelumnya.

Nilai SKD CAT BKN 2023 dapat diunduh melalui situs resmi BKN di https://sertificat.bkn.go.id atau melalui laman https://sscasn.bkn.go.id. Peserta diharapkan untuk memanfaatkan fasilitas ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Jika ada peserta yang tahun lalu sudah lulus SKD dan melebihi nilai ambang batas, mereka dapat menggunakan sertifikat SKD tersebut untuk seleksi tahun ini," ujar Suharmen dikutip dari Kompas.com, Minggu (4/8/2024).

Suharmen juga menekankan, hasil pada sertifikat SKD CAT BKN hanya berlaku untuk satu periode pengadaan CASN berikutnya. Meski demikian, rincian mekanisme penggunaan nilai SKD 2023 untuk seleksi tahun ini belum sepenuhnya dijelaskan.

Baca Juga: Cara Cek NIK Dicatut Jadi Anggota Parpol atau Tidak, Supaya Tak Gagal Daftar CPNS 2024


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x