Kompas TV nasional peristiwa

Paus Fransiskus Berkunjung ke Indonesia, Bandara Soetta Siapkan Fasilitas VVIP

Kompas.tv - 28 Agustus 2024, 13:05 WIB
paus-fransiskus-berkunjung-ke-indonesia-bandara-soetta-siapkan-fasilitas-vvip
Paus Fransiskus menyampaikan doa Angelus di Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Kamis (15/8/2024). (Sumber: AP Photo/Gregorio Borgia)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

 

TANGERANG, KOMPAS.TV - PT Angkasa Pura (AP) II menyiapkan sejumlah fasilitas VVIP di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, untuk menyambut kedatangan Paus Fransiskus. 

Paus Fransiskus diketahui akan melakoni kunjungan apostolik ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Baca Juga: 9 Lokasi Kantong Parkir untuk Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK pada 5 September 2024

"Kami telah siapkan ruang VVIP dalam menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soetta nanti," kata Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soetta M. Holik Muardi di Tangerang, Selasa (27/8/2024).

Dia menyebut pihaknya mempersiapkan bandara dengan fokus utama pada aspek keamanan, keselamatan, dan pelayanan.

"Personel kita terjunkan sewajarnya saja. Dikarenakan pengamanannya telah ditangani oleh Paspampres," kata Holik.

Kata dia, persiapan PT AP II untuk menyambut Paus Fransiskus tidak terlalu signifikan. Pasalnya, secara keseluruhan, kedatangan Paus akan ditangani negara melalui pasukan pengamanan VVIP.

"Untuk hal-hal lainnya sementara masih seperti biasa," kata Holik, dikutip Antara.

Sementara Kapolresta Bandara Soetta AKBP Ronald FC Sipayung menyebut pihaknya sedang berkoordinasi dengan aparat keamanan lain untuk menyambut Sri Paus.

Ronald menyebut kegiatan Paus Fransiskus telah masuk pada agenda pengamanan VVIP dan berbarengan dengan pelaksanaan International Sustainability Forum (ISF). Kendati demikian, pengamanan kegiatan itu masuk dalam Operasi Tribrata Jaya.

"Karena ini berbarengan dengan giat ISF, dan kewenangan memberikan keterangan terkait pengamanan ini bukan di Polresta Bandara Soetta," katanya.

Paus Fransiskus dijadwalkan melakukan kunjungan apostolik ke Indonesia, Timor Leste, Papua Nugini, dan Singapura pada September.

Di Indonesia, pemimpin Gereja Katolik itu dijadwalkan bertemu Presiden RI Joko Widodo dan menghadiri pertemuan antaragama di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Paus Fransiskus juga diagendakan menghadiri misa akbar di Stadion Gelora Bung Karno pada 5 September. Misa akbar ini diperkirakan akan dihadiri 86.000 orang.

Baca Juga: Panduan Lengkap Tata Tertib Misa Agung Paus Fransiskus di GBK| SINAU


 




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x