Kompas TV nasional peristiwa

Paus Fransiskus Berkunjung ke Indonesia, Ini Jadwal Pertemuannya: Ada Kegiatan di Masjid Istiqlal

Kompas.tv - 27 Agustus 2024, 19:15 WIB
paus-fransiskus-berkunjung-ke-indonesia-ini-jadwal-pertemuannya-ada-kegiatan-di-masjid-istiqlal
Logo dan motto resmi kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September 2024 mendatang. (Sumber: Vatican News)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Paus Fransiskus, pemimpin tertinggi umat Katolik dunia, akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada bulan September 2024. 

Kunjungan ini dijadwalkan berlangsung dari 3 hingga 6 September 2024, dengan sejumlah kegiatan penting. 

Salah satu acara puncaknya adalah Misa Akbar yang akan diadakan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada sore hari tanggal 5 September. 

Pada hari yang sama, Paus Fransiskus juga dijadwalkan untuk menghadiri International Summit Forum (ISF), yang akan dihadiri oleh sejumlah kepala negara, serta acara gala dinner yang akan digelar di Monumen Nasional (Monas).

Lalu pada tanggal 4 September 2024, Paus Fransiskus akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, dalam sebuah upacara resmi kenegaraan. 

Menurut Andy Rachmianto, Kepala Protokol Negara dan Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), pertemuan ini merupakan bagian dari rangkaian acara kunjungan kenegaraan Paus di Indonesia.

"Pada tanggal 3 tiba di Indonesia, dan pada tanggal 4 bertemu Bapak Presiden di Istana. Pada tanggal 4 September akan diadakan sebagai tamu negara tentunya akan diadakan acara upacara resmi kenegaraan akan diterima oleh bapak presiden di Istana Merdeka dan juga akan kegiatan di Istana Negara pada tanggal 4 September," kata Andy di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8/2024).

Baca Juga: Uskup Maumere Ungkap Paus Fransiskus Giat Aksi Pastoral

Setelah bertemu Presiden, Ia mengatakan Paus akan menggelar Misa Akbar di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Paus juga kata dia akan mengikuti sejumlah kegiatan di Jakarta termasuk di masjid Istiqlal.

"Ada beberapa kegiatan lain yang akan melibatkan Paus Fransiskus akan ada acara di Masjid Istiqlal dengan Imam Besar Masjid Istiqlal akan juga ada acara di Gedung Katedral di sekitar kawasan ini juga," tandas dia.

Terpsah, Angkasa Pura (AP) II Persero selaku pengelola utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, telah menyiapkan sejumlah fasilitas VVIP untuk menyambut kedatangan Pemimpin Gereja Katolik dunia Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September 2024.




Sumber : Kompas TV, Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x