Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi Gelar Rapat Bahas Penanganan Mpox dan Persiapan Indonesia-Africa Forum

Kompas.tv - 27 Agustus 2024, 18:42 WIB
presiden-jokowi-gelar-rapat-bahas-penanganan-mpox-dan-persiapan-indonesia-africa-forum
Presiden Jokowi memimpin Rapat Terbatas membahas Perkembangan Penanganan MPOX dan Periapan Penyelenggaraan Indonesia Afrika Forum di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (27/08/2024). (Sumber: Humas Setkab/Rahmat)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengadakan Rapat Terbatas (Ratas) di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (27/8/2024). 

Rapat ini membahas dua isu penting yaitu perkembangan penanganan virus cacar monyet atau Mpox, serta persiapan penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF) yang akan digelar di Bali.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengingatkan jajarannya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi penyebaran wabah Mpox yang kian meningkat. 

"Saya minta betul-betul kehati-hatian kita, kewaspadaan kita terkait dengan penyebaran wabah Mpox," ujar Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Presiden juga menekankan pentingnya pengawasan ketat di seluruh pintu kedatangan internasional sebagai langkah pencegahan dini terhadap penyebaran virus ini.

Ia meminta Kementerian Kesehatan bersama lembaga terkait untuk segera mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan. 

Baca Juga: Antisipasi Wabah Mpox, Pemerintah akan Siapkan 1.600 Dosis Vaksin Tambahan

“Pengalaman pandemi Covid-19 yang lalu ini bisa dijadikan rujukan. Sehingga saya minta segera untuk dibuat protokol kesehatan dan disosialisasikan secara masif mengenai ini,” tambahnya.

Selain membahas penanganan Mpox, rapat tersebut juga membicarakan persiapan Indonesia-Africa Forum (IAF) yang akan diadakan di Bali. 

Presiden Jokowi meminta agar semua kebutuhan, terutama akomodasi untuk kepala negara dan pemerintahan yang akan hadir, dipersiapkan dengan baik. 

"Saya minta di-update mengenai kesiapan penyelenggaraan, berapa banyak kepala negara dan kepala pemerintahan yang akan hadir, dan urusan yang berkaitan dengan hotel dan akomodasi," katanya.

Jokowi juga berharap agar penyelenggaraan IAF berjalan lancar dan memberikan hasil yang nyata. 

"Saya ingin pastikan ada betul-betul hasil nyata dari penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum di Bali ini," pungkasnya. 

Baca Juga: Instruksi Presiden Jokowi, Waspadai Mpox Jelang Indonesia-Africa Forum di Bali


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x