Kompas TV nasional rumah pemilu

Golkar Pastikan Dukung Airin Rachmi Diany di Pilkada Banten, Koalisi dengan PDIP

Kompas.tv - 27 Agustus 2024, 11:12 WIB
golkar-pastikan-dukung-airin-rachmi-diany-di-pilkada-banten-koalisi-dengan-pdip
Calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany. (Sumber: Azmi Samsul Maarif/Antara)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Pasangan bakal calon gubernur Banten dan bakal calon wakil gubernur Banten Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi resmi mendapatkan dukungan dari Partai Golkar. 

Hal ini dikatakan Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia di DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

"Kami akan umumkan untuk Provinsi Banten, memang prosesnya panjang, barang bagus banyak yang berminat, sangking bagusnya ada yang meminta, Ibu Airin adalah rumah besar Partai Golkar, rasanya tidak pas kalau tidak diantar untuk kompetisi. Pasangannya ini dari PDIP. Ini menunjukkan bahwa Golkar sangat terbuka," kata Bahlil, Selasa.

Sikap ini berubah karena sebelumnya DPP Partai Golkar menyatakan mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah sebagai bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Banten 2024-2029.

Sementara Airin Rachmi Diany PDI-P dideklarasikan oleh PDIP sebagai calon gubernur Provinsi Banten untuk Pilkada 2024. Airin dipasangkan dengan kader PDI-P, Ade Sumardi.

Baca Juga: Airin Rachmi Diany Blak-blakan usai Ditantang Megawati jadi Kader PDIP

PDIP kemarin telah mengumumkan nama 60 pasangan calon kepala daerah untuk Pilkada Serentak 2024.

Dari jumlah tersebut, sebanyak enam pasang kandidat di antaranya merupakan calon kepala daerah tingkat provinsi. Sedangkan sisanya, 38 dari kabupaten dan 16 untuk pilkada kota.

Pengumuman nama pasangan kandidat itu dibacakan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto.

Baca Juga: Resmi Diusung PDIP Maju Pilkada Banten, Airin Rachmi Diany Diminta Kenakan Baju Merah Hitam

Beberapa nama calon gubernur yang dibacakan antara lain bakal calon gubernur Banten, Airin Rachmy Diany, kemudian bakal calon gubernur Jawa Tengah Andika Perkasa, bakal calon gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Yohannes Fransiskus Lema, serta bakal calon gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Andi Sulaiman.

Sementara untuk bakal calon wali kota, salah satunya adalah pasangan bakal calon wali kota-wakil wali kota Palangkaraya, Rojiknnor dan Vina Panduwinata.


“Total pasangan calon yang sudah diumumkan pada gelombang 1, 2, dan 3 sebanyak 534 daerah, dan dari PDI Perjuangan, yang menggembirakan total adalah 45,8 persen,” kata Hasto.

“Komposisi kerja sama dengan parpol lain adalah Golkar 9,2 persen, Gerindra 6,1 persen, PKB 5,1 persen, Demokrat 4 persen, PPP 3,7 persen, PAN 3,3 persen, NasDem 3,3 persen,” ujarnya.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x