Kompas TV nasional rumah pemilu

Muncul Usulan Duet Pramono Anung-Rano Karno di Pilgub Jakarta, PDI-P Batal Usung Anies?

Kompas.tv - 26 Agustus 2024, 21:59 WIB
muncul-usulan-duet-pramono-anung-rano-karno-di-pilgub-jakarta-pdi-p-batal-usung-anies
Kolase foto dua kader PDI-P Pramono Anung dan Rano Karno. Duet keduanya mencuat di tengah kabar batalnya Anies Baswedan menjadi cagub pilihan PDI-P di Pilkada Jakarta. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDI-) Djarot Saiful Hidayat mengaku terdapat usulan agar partai itu mengusung duet Pramono Anung-Rano Karno di Pilkada Jakarta 2024. Wacana duet Pramono-Rano mencuat usai deklarasi bakal calon kepala daerah gelombang ketiga PDI-P di Jakarta, Senin (26/8/2024) siang.

Dalam deklarasi tersebut, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekranoputri belum mengumumkan calon partainya untuk Pilkada Jakarta 2024. Sebelum deklarasi, partai berlambang banteng moncong putih itu santer dikabarkan akan mengusung Anies Baswedan-Rano Karno.

Akan tetapi, Anies tidak terlihat saat Megawati menyampaikan pengumuman. Anies tidak muncul saat Megawati berpidato kendati sempat bertemu Rano Karno di Kantor DPP PDI-P pada hari deklarasi partai.

Baca Juga: Djarot Pastikan PDI-P Belum Pasti Usung Anies-Rano Karno di Pilkada Jakarta: Hak Prerogatif Megawati

Usai acara deklarasi tersebut, Djarot mengaku pihaknya menerima sejumlah aspirasi berbeda mengenai kandidat gubernur Jakarta.

"Aspirasi ada. Aspirasi kita menjaring aspirasi yang disampaikan dari bawah," kata Djarot di Kantor DPP PDI-P, Senin (26/8).

Djarot kemudian menyebut sejumlah kader PDI-P yang diusulkan untuk diusung di Pilkada Jakarta 2024, antara lain Rano Karno, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Ronny Talapessy, Andika Perkasa, Eriko Sotarduga, dan Edy Prasetyo.

Saat ditanya wartawan apakah nama Pramono Anung termasuk nama yang diusulkan untuk diusung di Jakarta, Djarot membenarkannya.

"Iya. Karena itu juga ada aspirasi juga dari bawah. Gitu lho ya. Harus disebutkan, ya," kata Djarot dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Djarot menegaskan bahwa keputusan akhir mengenai kandidat kepala daerah di wilayah strategis seperti Jakarta ada di tangan Megawati Soekarnoputri. Menurutnya, penentuan calon gubernur Jakarta adalah hak prerogatif ketua umum.

Megawati sendiri telah mengumumkan enam bakal calon gubernur dan wakil gubernur di pilkada serentak pada Senin (26/8).

Nama-nama yang diumumkan Megawati adalah sebagai berikut.

  • Steven Kandouw - Letjen TNI (Purn) Alfred Denny Djoike Tuejeh Sulawesi Utara)
  • Airin Rachmi Diany - Ade Sumardi (Banten)
  • Andika Perkasa - Hendrar Prihadi atau Hendi (Jawa Tengah)
  • Hamzah Isa - Andurrahman Abubakar Bahmid (Gorontalo)
  • Yohanis Fransiskus Lema - Jane Natalia Suryanto (Nusa Tenggara Timur)
  • Andi Sulaiman - Andri Partono (Kalimantan Utara)

Baca Juga: PDI-P Belum Beri Keputusan, Anies Sudah Urus Surat Pengadilan untuk Ikut Pilkada Jakarta 2024


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x