Kompas TV nasional politik

Sekjen PDIP Bacakan Nama Kandidat Bakal Calon Kepala Daerah, Ada Airin dan Andika Perkasa

Kompas.tv - 26 Agustus 2024, 14:23 WIB
sekjen-pdip-bacakan-nama-kandidat-bakal-calon-kepala-daerah-ada-airin-dan-andika-perkasa
Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto saat membacakan nama kandidat calon kepala daerah, Senin (26/8/2024). (Sumber: Tangkapan layar)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengumumkan nama 60 pasangan calon kepala daerah untuk Pilkada Serentak 2024, Senin (26/8/2024).

Dari jumlah tersebut, sebanyak enam pasang kandidat di antaranya merupakan calon kepala daerah tingkat provinsi. Sedangkan sisanya, 38 dari kabupaten dan 16 untuk pilkada kota.

Pengumuman nama pasangan kandidat itu dibacakan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto.

Beberapa nama calon gubernur yang dibacakan antara lain bakal calon gubernur Banten, Airin Rachmy Diany, kemudian bakal calon gubernur Jawa Tengah Andika Perkasa, bakal calon gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Yohannes Fransiskus Lema, serta bakal calon gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Andi Sulaiman.

Baca Juga: Pilgub Sumut: Edy Rahmayadi Daftar ke KPU Hari Terakhir, Bobby Nasution Belum Sebut Tanggal

Sementara untuk bakal calon wali kota, salah satunya adalah pasangan bakal calon wali kota-wakil wali kota Palangkaraya, Rojiknnor dan Vina Panduwinata.

“Total pasangan calon yang sudah diumumkan pada gelombang 1, 2, dan 3 sebanyak 534 daerah, dan dari PDI Perjuangan, yang menggembirakan total adalah 45,8 persen,” kata Hasto.

“Komposisi kerja sama dengan parpol lain adalah Golkar 9,2 persen, Gerindra 6,1 persen, PKB 5,1 persen, Demokrat 4 persen, PPP 3,7 persen, PAN 3,3 persen, NasDem 3,3 persen,” ujarnya.

Kemudian kerja sama dengan Hanura 1,5 persen, PKS 1,4 persen, Perindo 1,3 persen, Gelora 0,3 persen, Partai Aceh 0,3 persen, PKN 0,2 persen, PBB 0,2 persen, PSI 0,2 persen, PNA 0,1 persen, sedangkan dari kalangan non partai 13,8 persen.

“Ini menunjukkan PDI Perjuangan menjadi jembatan persaudaraan seluruh partai politik.”

“Sedangkan dari 60 daerah yang diumukan hari ini, dari 6 provinsi yang diumumkan terdapat lima calon gubernur dan 3 cawagub yang berasal dari internal PDI Perjuangan,” kata Hasto.

Baca Juga: [FULL] Anies atau Ahok yang akan Diusung PDIP? Simak Analisis Pengamat Adi Prayitno

Sementara, dari 38 kabupaten dan 16 kota terdapat 30 calon kepala daerah dan 16 calon wakil kepala daerah dari PDI Perjuangan.


“Ini menunjukkan proses kaderisasi yang berlangsung secara sistemik.”




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x