Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Resmikan Bendungan Margatiga di Lampung Timur Setelah 7 Tahun Dikerjakan

Kompas.tv - 26 Agustus 2024, 12:14 WIB
jokowi-resmikan-bendungan-margatiga-di-lampung-timur-setelah-7-tahun-dikerjakan
Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Senin (26/8/2024) (Sumber: Tangkapan Layar Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Presiden Jokowi meresmikan bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur yang telah dibangun selama 7 tahun dengan biaya Rp846 miliar.

“Sejak 2017 Bendungan Margatiga ini sudah mulai dikerjakan, artinya itu sudah 7 tahun yang lalu bendungan ini dikerjakan. Dan alhamdulillah pada hari ini sudah selesai dan bisa difungsikan Bendungan Margatiga,” ucap Presiden Jokowi di Lampung, Senin (26/8/2024).

“Bendungan yang menghabiskan anggaran Rp846 miliar ini memiliki luas genangan 2.313 hektare. Yang memiliki daya tampung 42 juta meter kubik air. Ini sangat besar sekali,” kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Resmikan SPAM di Bandar Lampung yang Kualitasnya Disebut Lebih Baik dari Air Kemasan

Jokowi berharap, bendungan ke-44 yang diresmikannya dalam 10 tahun pemerintahannya bisa berfungsi baik. Bukan hanya untuk irigasi atau air baku, tetapi juga untuk listrik hingga mereduksi banjir.

“Dan kita harapkan bendungan yang merupakan bendungan yang ke-44 yang saya resmikan dalam 10 tahun terakhir ini betul-betul bisa berfungsi baik untuk irigasi, untuk air baku, untuk listrik, mereduksi banjir di sekitar bendungan,” kata Jokowi.


“Dan kita harapkan produktivitas petani yang terkait dengan bendungan margatiga ini betul-betul bisa naik dengan signifikan.”

Baca Juga: Pengamat Analisis Anies Bersama PDIP: Jadi Kekuatan Cukup Unik, tapi Bisa Juga Bunuh Diri

Sebagai informasi, Presiden Jokowi tidak hanya meresmikan Bendungan Margatiga dalam kunjungannya ke Lampung. Ia juga meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kota Bandar Lampung dan Revitalisasi Pasar Pasir Gintung di Kota Bandar Lampung.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x