Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Resmikan SPAM di Bandar Lampung yang Kualitasnya Disebut Lebih Baik dari Air Kemasan

Kompas.tv - 26 Agustus 2024, 11:09 WIB
jokowi-resmikan-spam-di-bandar-lampung-yang-kualitasnya-disebut-lebih-baik-dari-air-kemasan
Presiden Jokowi usai meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kota Bandar Lampung di Kota Bandar Lampung, Senin (26/8/2024). (Sumber: Tangkapan Layar Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

LAMPUNG, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo resmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kota Bandar Lampung yang kualitasnya dinilai lebih baik daripada minuman kemasan.

“Saya melihat tadi, airnya sangat bersih dan yang disampaikan Bu Dirjen, katanya lebih bagus dari, lebih bersih dari air kemasan karena NTU-nya (Nephelometric Turbidity Unit) 0,278 padahal standar dari Kemenkes itu 3. Kalau air kemasan 0,8, jadi lebih bagus,” ucap Presiden Jokowi usai meresmikan SPAM di Kota Bandar Lampung, Senin (26/8/2024).

“Sehingga saya titip, Bu Walikota, Pak Bupati agar sambungan ke rumah tangga betul-betul didorong agar semakin banyak rumah tangga kita yang memiliki sambungan dari SPAM yang kita bangun ini,” tambah Jokowi.

Baca Juga: Pengamat Analisis Anies Bersama PDIP: Jadi Kekuatan Cukup Unik, tapi Bisa Juga Bunuh Diri

Jokowi menuturkan SPAM yang dibangun di Kota Bandar Lampung merupakan satu di antara proyek strategis nasional. Pengerjaan SPAM, sambung Jokowi, dilakukan sejak tahun 2020.

“Sistem Penyediaan Air Minum di Kota Bandar Lampung, ini merupakan salah satu proyek strategis nasional di Provinsi lampung yang sudah dikerjakan sejak tahun 2020. Karena memang problem besar hampir di semua kota di negara kita ini adalah urusan air bersih untuk rumah tangga,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, SPAM pada pengoperasiannya akan melayani sebanyak 60.000 rumah tangga.

Baca Juga: Bawaslu Surati KPU, Minta Taati Putusan MK soal Syarat Pencalonan Pilkada

“SPAM ini akan melayani lebih kurang Rp60.000 rumah tangga, sebuah kapasitas yang sangat besar sekali dan SPAM ini dibangun dengan anggaran yang tidak kecil yaitu Rp1,38 Triliun dengan skema KPBU,” jelas Jokowi.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x