Kompas TV nasional politik

Said Iqbal Mengaku Sudah Lama Berkawan dengan Anies, Sebut Berpihak ke Orang Kecil hingga Pebisnis

Kompas.tv - 26 Agustus 2024, 09:01 WIB
said-iqbal-mengaku-sudah-lama-berkawan-dengan-anies-sebut-berpihak-ke-orang-kecil-hingga-pebisnis
Presiden Partai Buruh Said Iqbal saat ditemui di Jakarta, Minggu (25/8/2024). (Sumber: Ilham Kausar/Antara)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, mengaku sudah lama berkawan dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ia menilai Anies berpihak pada orang kecil hingga pebisnis.

Penjelasan Said Iqbal tersebut ia sampaikan di kantor Partai Buruh, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (25/8/2024).

Ia juga berpendapat bahwa Anies dikenal dengan kebijakan-kebijakan pro-rakyat, terutama dalam hal kenaikan upah minimum provinsi (UMP) yang dinilai sangat menguntungkan kaum pekerja.

“Kami sudah berkawan lama dengan Pak Anies Rasyid Baswedan. Selama beliau menjabat sebagai Gubernur dan keberpihakannya kepada orang-orang kecil, buruh, petani, nelayan, kaum pebisnis, semua lapisan masyarakat,” ucap Said Iqbal, dikutip Kompas.com.

Baca Juga: PDIP Jadwalkan Pengumuman Nama Bakal Calon Kepala Daerah Tahap Ketiga Siang Ini

Sejarah manis yang pernah Anies semasa memimpin Jakarta itulah yang membuat Partai Buruh kemudian mendukungnya untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

Dukungan dari Partai Buruh tersebut disampaikan langsung saat Anies diundang ke kantor Partai Buruh, Minggu (25/8/2024) kemarin.

“Pada intinya, Partai Buruh mengharapkan pak Anies bisa menjadi calon Gubernur DKI Jakarta sesuai mekanisme keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60 dan 70 Tahun 2024,” kata Said Iqbal berharap.

Meski demikian, ia menyadari bahwa Partai Buruh tidak memiliki suara yang cukup untuk mendukung pencalonan Anies secara langsung.

Oleh karena itu, Said Iqbal berharap partai-partai besar memberikan dukungannya untuk Anies maju di Pilkada Jakarta 2024.

“Tentu kami menunggu partai yang lain, khususnya partai yang besar karena kami tidak cukup suara untuk mendukung secara langsung partai yang besar tentu kami tunggu. Insya Allah, nanti pak Anies yang akan menjelaskan bagaimana proses politiknya,” tutur Said Iqbal.

Baca Juga: Bobby Nasution Siap Daftar ke KPU untuk Maju di Pilgub Sumut 2024

Dalam kesempatan itu, ia juga menegaskan bahwa Partai Buruh akan terus mengawal Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang sesuai dengan Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Keputusan MK yang dimaksud adalah putusan Nomor 60/PUU-XXII/2024 dan Nomor 70/PUU-XXII/2024 mengenai ambang batas pencalonan (threshold).


 




Sumber : Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x