Kompas TV nasional rumah pemilu

Airin Diusung PDI-P di Pilgub Banten, Golkar Tegaskan Tidak Pindah Partai

Kompas.tv - 25 Agustus 2024, 21:32 WIB
airin-diusung-pdi-p-di-pilgub-banten-golkar-tegaskan-tidak-pindah-partai
Calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany. Ketua DPD Partai Golkar Banten Ratu Tatu Chasanah menegaskan Airin Rachmi Diany tidak pindah partai usai diusung PDI Perjuangan di Pemilihan Gubernur Banten 2024. (Sumber: Azmi Samsul Maarif/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

TANGERANG, KOMPAS.TV - Ketua DPD Partai Golkar Banten Ratu Tatu Chasanah menegaskan Airin Rachmi Diany tidak pindah partai usai diusung PDI Perjuangan di Pemilihan Gubernur Banten 2024. Airin dideklarasikan menjadi cagub PDI-P usai batal diusung Golkar.

Mantan wali kota Tangerang Selatan itu dideklarasikan sebagai cagub Banten oleh PDI-P di ICE BSD, Tangerang, Minggu (25/8/2024). Ratu Tatu menegaskan tidak ada pembicaraan mengenai pergantian partai antara Airin dengan PDI-P.

"Tidak, bukan soal pindah partai. Bu Airin hanya ikut serta dengan PDI-P. Bukan (pindah partai), di sini tidak bahas pindah partai. Dan dari PDI-P juga tidak ada kata-kata persyaratan pindah sebagai tanda gabung dengan partainya," kata Tatu, Minggu (25/8).

Baca Juga: Pidato Jokowi Soal Pergantian Pemimpin: Datang Ramai-Ramai, saat Pergi Ditinggal Ramai-Ramai

Airin sendiri dipasangkan dengan mantan mantan Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi. Tatu menyebut paslon Airin-Ade telah mendapat dukungan penuh PDI-P melalui penyerahan SK B1-KWK untuk Pilgub Banten.

"Ini acaranya PDI-P. Mereka dalam rangka menyerahkan B1 KWK ke calon di Pilgub dan Pilkada Kabupaten/Kota se-Banten," kata Tatu dikutip Antara.

Airin sedianya akan diusung oleh Partai Golkar di Pilgub Banten 2024. Namun, setelah Golkar dipimpin Bahlil Lahadalia, partai berlambang beringin itu dikabarkan batal mengusung Airin.

Akan tetapi, Tatu menegaskan Bahlil sudah merestui langkah Airin maju pilgub dengan dukungan PDI-P. Menurutnya, langkah politik ini ditempuh Airin atas nama pribadi.

Dalam acara deklarasi di ICE BSD, PDI-P juga mengumumkan sejumlah paslon lain untuk pemilihan bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota di Provinsi Banten.

Paslon tersebut antara lain Fitron Nur Ihsan-Diana Jayabaya (Kabupaten Pandeglang), Hasbi Jayabaya-Amir Hamzah (Kabupaten Lebak), Mad Romli-Irvansyah Asmat (Kabupaten Tangerang), Andika Hazrumy-Nanang Supriatna (Kabupaten Serang), Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan (Kota Tangerang Selatan), Robinsar-Fajar Hadi Prabowo (Kota Cilegon), Sachrudin-Maryono (Kota Tangerang).

Baca Juga: Cak Imin Usul Sistem Pemilu Dirombak Total, Sebut Pemilu 2024 Paling Brutal dan Penuh Fitnah


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x