Kompas TV nasional politik

Cak Imin Usul Sistem Pemilu Dirombak Total, Sebut Pemilu 2024 Paling Brutal dan Penuh Fitnah

Kompas.tv - 25 Agustus 2024, 20:05 WIB
cak-imin-usul-sistem-pemilu-dirombak-total-sebut-pemilu-2024-paling-brutal-dan-penuh-fitnah
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat memberikan keterangan pers di Bali Nusa Dua Convention Center, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (25/8/2024). (Sumber: Rio Feisal/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

DENPASAR, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengusulkan agar sistem pemilu di Indonesia diubah total. Pria yang akrab disapa Cak Imin itu menilai sistem pemilu saat ini tidak manusiawi.

Politikus yang baru saja terpilih kembali sebagai Ketua Umum PKB itu menilai pemilu seharusnya dibuat senyaman dan seaman mungkin untuk rakyat. Menurutnya, sistem pemilu sekarang membuat para aktor 'memakan' sesama.

Baca Juga: Singgung Pemilu 2024 Paling Brutal, Cak Imin Beryukur PKB Dapat Lolos: Meski Digembosi Teman Sendiri

"Pemilu ini sistemnya betul-betul memakan sesama warga bangsa, kompetisinya sadis, uang menjadi panglima, sehingga kami harus bekerja all out pada orang-orang yang tidak memiliki biaya," kata Cak Imin usai Muktamar VI PKB di Bali Nusa Dua Convention Center, Minggu (25/8/2024).

"Oleh karena itu, saya akan mengusulkan kepada DPR, kepada presiden, untuk mengubah sistem pemilu yang lebih manusiawi."

Sebelumnya, Cak Imin menyatakan bahwa Pemilu 2024 merupakan pemilu paling brutal. Cak Imin menyebut Pemilu 2024 "brutal" dari segala sisi.

"Brutal dalam cara kompetisi, brutal dalam cara menggunakan uang untuk kemenangan, brutal dalam segala cara untuk memfitnah," kata Cak Imin dikutip Antara.

Cak Imin turut berkompetisi di Pemilu 2024 sebagai cawapres Anies Baswedan. Pasangan itu memperoleh 24,95 persen suara, kalah telak dari Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang mendapat 58,58 persen suara.

Di ranah legislatif, Cak Imin memimpin PKB meraih suara yang cukup tinggi di Pemilu 2024. PKB memperoleh total 10,62 persen suara atau terbanyak keempat di pemilu legislatif.

Baca Juga: Prabowo Bantah Hubungan dengan Jokowi Retak: Selalu Ada yang Mau Adu Domba


 




Sumber : Kompas TV/Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x